Allah Mengumandangkan Perang Kepada Pelaku Riba (Serial Ayat-ayat Riba 3)

perahu-kuning.jpg

Allah ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ (278) فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَإِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوسُ أَمْوَالِكُمْ لَا تَظْلِمُونَ وَلَا تُظْلَمُونَ (279)

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa Riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), Maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), Maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak Menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.” (QS. Al-Baqarah : 278-279)

Ayat-ayat ini merupakan ancaman yang sangat berbahaya dan janji yang sangat keras kepada para praktisi riba, Allah telah memberitahukan bahwa jika mereka tidak mau bertaubat, “Maka ketahuilah bahwa Allah dan RasulNya akan memerangimu”. Maksudnya adalah tunggulah peperangan menghadapi Allah dan RasulNya, kita memohon kepada Allah keselamatan dan penjagaan. Pemuka tafsir  Abdullah bin Abbas -semoga Allah meridhoinya- berkata tentang ayat ini, akan dikatakan pada hari Kiamat nanti kepada para pemakan riba, “Ambillah senjatamu untuk berperang.” Dan bersumber dari beliau juga bahwasanya beliau berkata, “Barangsiapa yang bertahan terus dengan riba dan tidak mau berhenti atau tidak meninggalkannya maka merupakan hak imam kaum muslimin untuk memintanya bertaubat, jika mau berhenti maka itulah yang diharapkan, dan jika tidak mau maka boleh dihukum mati. Disebutkan juga ucapan semisal ini yang bersumber dari al-Hasan (Al-Bashri) dan Ibnu Sirin (silakan dirujuk dalam tafsir Ibnu Katsir jilid 1). Wallahu a’lam.

Sumber : Risalah ‘ajilah Ilaa Ashabi ar Riba, Abu Abdirrahman Ali Khumais Ubaid.

Penyusun : Amar Abdullah bin Syakir

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah.net di Fans Page Hisbah, Twitter @Hisbahnet, Google Plus +Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: