Bahaya Syirik Kecil

ranting.jpg

Di antara bahaya dari syirik ini adalah bahwa ia menodai kemurnian aqidah dan peribadatan seseorang kepada Allah ta’ala. Keyakinan seorang hamba menjadi kotor, ibadahnya tidak murni karena atau untuk Allah ta’ala semata, meskipun pelakunya tidak dinyatakan telah keluar dari agama. Syirik ini juga merusak amal yang tercampur dengannya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu marfu’: Allah berfirman:

أَنَا أَغْنَى الشُّرَكَاءِ عَنِ الشِّرْكِ مَنْ عَمِلَ عَمَلاً أَشْرَكَ فِيهِ مَعِى غَيْرِى تَرَكْتُهُ وَشِرْكَهُ

“Aku tidak butuh sekutu-sekutu dari kalian, barang siapa yang melakukan suatu amalan yang dia menyekutukan-Ku padanya selain Aku, maka Aku tinggalkan dia dan persekutuannya”. (HR. Muslim).

Tidak diragukan bahwa hal ini membahayakan pelakunya, bagaimana tidak?! sementara amalan yang ia lakukan yang dicampuri oleh syirik ini ia tidak dipedulikan oleh Allah ta’ala, ia beramal namun sia-sia belaka.

Pembaca yang budiman…

Disamping itu, para ulama mengatakan, bahwa pelaku syirik ini ia terkena ancaman dari dalil-dalil tentang syirik, karena salaf menggunakan setiap dalil yang berkenaan dengan syirik akbar untuk syirik ashghar.

Disamping itu, sesungguhnya syirik kecil adalah termasuk dosa besar yang terbesar yang tentu berbahaya bagi pelakunya.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْبَرُ الْكَبَائِرِ الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ وَقَتْلُ النَّفْسِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ وَقَوْلُ الزُّورِ أَوْ قَالَ وَشَهَادَةُ الزُّورِ

Dari Anas bin Malik, dari nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Dosa besar yang paling besar, yaitu: menyekutukan Allah, membunuh jiwa, durhaka kepada kedua orangtua, dan ucapan dusta (atau beliau bersabda) persaksian dusta.” (HR. al-Bukhari, no. 6871).

Wallohu a’lam.

Artikel  : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: