Balaslah dengan yang Lebih Baik !

Balaslah-dengan-yang-Lebih-Baik.jpg

Ada saat anda merasa diperlakukan tidak menyenangkan oleh pasangan, disakiti olehnya, dianiaya dan dizhalimi, kata-katanya panas di telinga atau tindakannya membuat anda mengelus dada.

Manusiawi memang bila seseorang merasa disakiti cenderung ingin membalas, saat itu juga atau menunggu kesempatan yang pas.

Membalas tindakan buruk, dalam arti melakukan keburukan sebagaimana yang pasangan lakukan, dengan kata lain, kita menjadikan tindakan buruk pasangan sebagai alasan untuk melakukan yang sama atau yang semisal, dia saja bisa, mengapa aku tidak? begitu kadang-kadang sebagian orang beralasan, tentu ini bukan sesuatu yang baik.

Oleh karenanya, kelalaian pasangan dalam menunaikan kewajibannya terhadap kita, bukan alasan bagi kita untuk membalasnya dengan hal yang sama. Lebih parah, bila kesalahan tersebut merupakan pelanggaran terhadap ajaran agama. Dia begitu aku pun begitu. Jangan!…Jangan !

Karena Allah mengajarkan kepada anda –hamba-hambaNya- sesuatu yang lebih baik, Dia Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang berfirman,

ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

Tolaklah tindakan buruk itu dengan cara yang lebih baik.” (Q.S. Fushshilat: 34).

Hal ini tentu bukan perkara yang mudah, karena cenderung bertolak belakang dengan hawa nafsu anda yang cenderung memerintahkan kepada keburukan. Nafsu anda cenderung mendorong anda untuk membalas kuburukan pasangan hidup anda dengan keburukan yang serupa bahkan lebih buruk dari keburukan yang telah dilakukannya.

Oleh karenanya, hendaklah anda berlatih dengan sungguh-sungguh untuk menyapih nafsu anda. Bimbinglah ia untuk selalu berusaha mencari ridha Allah ta’ala dengan mengikuti apa yang diajarkanNya.

Semoga saja Allah memberikan taufiq kepada anda begitu juga kepada pasangan hidup anda sehingga dapat membalas keburukan dengan kebaikan. Amin

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Penulis : Amar Abdullah

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: