Do’a Melihat Hilal

bulan1.jpg

Soal:

Apakah ada doa khusus dari Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam yang hendaknya diucapkan oleh seseorang yang melihat hilal? dan, bolehkah bagi orang yang mendengar berita (bahwa) hilal (telah terlihat) untuk berdoa dengan doa tersebut meskipun ia tidak melihat hilal?

ج19: نعم يقول: “الله أكبر.. اللهم أهلَّه علينا بالأمن والإيمان.. والسلامة والإسلام.. والتوفيق لما تحبه وترضاه. ربي وربك الله.. هلال خير ورشد”.

فقد جاء في ذلك حديثان عن رسول الله صلى الله عليه وسلّم فيهما مقال قليل. وظاهر الحديث أنه لا يدعى بهذا الدعاء إلا حين رؤية الهلال. أما من سمع به ولم يره فإنه لا يشرع له أن يقول ذلك.

Jawab :

Ya (ada), hendaklah ia mengucapkan, “ Allahu akbar… Ya Allah perlihatkan hilal itu atas kami dengan aman dan  iman… keselamatan dan kedamaian … dan taufiq terhadap apa yang Engkau cintai dan Engkau Ridhai. Tuhanku dan tuhanmu adalah Allah…Ya Allah jadikanlah ia hilal keberkahan dan hidayah untuk melakukan peribadatan kepada Alloh ta’ala.

Telah datang dalam hal tersebut dua hadis dari Rasulullah, namun ada sedikit kritikan terhadap kedua hadis tersebut. Dan zhahir hadis adalah bahwa doa tersebut tidak dibaca kecuali tatkala hilal terlihat. Adapun orang yang mendengar bahwa bulan telah terlihat sementara ia tidak melihatnya, maka ia tidak disayariatkan mengucapkan doa tersebut.

Sumber : (Su-aalan fii ash Shiyam), Syaikh Muhammad bin Sholeh al-Utsaimin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: