Dosa Riba Lebih Buruk Daripada Zina

money-flying.jpg

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ -يَعْنِى ابْنَ حَازِمٍ- عَنْ أَيُّوبَ عَنِ ابْنِ أَبِى مُلَيْكَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حَنْظَلَةَ غَسِيلِ الْمَلاَئِكَةِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-: دِرْهَمُ رِباً يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتَّةٍ وَثَلاَثِينَ زَنْيَةً

Menceritakan kepada kami Abdullah (ia berkata) menceritakan kepada kami ayahku, (ia berkata), menceritakan kepada kami Husain bin Muhammad, (ia berkata) menceritakan kepada kami Jarir –yakni, Ibnu Hazim- dari Ayyub dari Ibnu Abi Mulaikah dari Abdullah bin Hanzhalah-seorang yang dimandikan jasadnya oleh malaikat ketika wafat-, ia berkata, “Satu dirham yang didapatkan dari transaksi riba lantas dimanfaatkan oleh seseorang dalam keadaan dia mengetahui bahwa itu berasal dari riba dosanya lebih dahsyat dari pada berzina sebanyak tiga puluh enam kali.” (HR. Ahmad no. 22008)

Faedah :

  1. Hadits ini menunjukkan bahwa dosa riba adalah dosa yang sangat dahsyat tak kalah dahsyatnya dengan dosa zina. Bahkan, zhahir hadis menunjukkan bahwa dosa riba lebih dahsyat dosanya dari pada dosa zina.
  2. Ungkapan, “satu dirham”, menunjukkan kecilnya nilai hasil riba. Ini menunjukkan sekecil apapun nilai harta riba itu status hukumnya tetap saja haram dan tidak selayaknya seorang melakukannya. Maka, yang menjadi ukuran bukanlah soal besar kecilnya nilai harta riba. Sehingga tidaklah benar ungkapan sebagian orang yang mengatakan bahwa, “Riba yang terlarang yang haram hukumnya adalah riba yang berlipat ganda. Adapun riba yang tidak berlipat ganda boleh-boleh saja”.
  3. Haramnya harta riba sekecil apapun nilaianya dan haram pula hukumnya mendayagunakannya untuk kemaslahatan diri.
  4. Orang yang mengetahui keharaman sesuatu namun kemudian ia mengerjangnya, maka dosanya lebih dahsyat daripada orang yang tidak mengetahui hukumnya akan keharaman sesuatu.
  5. Besar kecilnya dosa bertingkat-tingkat.
  6. Semakin besar nilai harta riba yang dihasilkan semakin besar pula kedahsyatan dosanya.

Wallahu a’lam

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada nabi kita Muhammad, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Penulis : Amar Abdullah bin Syakir

Artikel : www.hisbah.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: