Dosa (seri 1)

merenung.jpg

Alhamdulillah, washolatu wasalamu ‘ala rosulillah, amma ba’du,

Pembaca yang budiman, pada edisi yang lalu kita sudah mengetahui bahwa iman seseorang bisa bertambah bisa pula berkurang. Bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan.

Saudaraku… pelaku kemaksiatan ia berdosa karena ia melakukan penyimpangan terhadap ketentuan yang telah ditentukan oleh syariat. Apakah itu dosa? ada berapa macam dosa? dan bagimana pengertiannya masing-masing, itulah yang akan kita bahas pada tulisan ini. Selamat membaca!

Dosa adalah akibat dari pelanggaran terhadap batasan agama, pemicunya adalah menjalankan larangan dan meninggalkan perintah. Dosa tidak berderajat sama, ia bertingkat, sebagian lebih besar dari lainnya.

Para ulama membagi dosa menjadi dua: dosa besar, (kabirah) dan dosa kecil (shaghirah). Pembagian dosa menjadi dua bagian ini ditetapkan oleh beberapa dalil.

Firman Allah, artinya, “Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” (An-Nisa’: 31).

Allah berfirman, artinya, “Orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Mahaluas ampunanNya.” (An-Najm: 32).

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda,

اجْتَنبُوا السَبعَ المُوبقَات، قالوُا: وَمَاهُن؟ قاَلَ: الشرْكُ بالله، وَالسحْرُ، وَقَتْلُ النَفْس الَتي حَرمَ اللهُ إلا بالحَق، وَأكْلُ الربَا، وَأكْلُ مَال اليَتيْم، وَالتَوَلي يَوْمَ الزَحْف، وَقَذْفُ المُحْصَناَت المُؤْمناَت الغاَفلاَت

“Jauhilah olehmu tujuh dosa yang membinasakan. Mereka bertanya, ‘Apa itu?’ Beliau menjawab, ‘Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan benar, memakan riba, memakan harta anak yatim, melarikan diri pada waktu peperangan, menuduh berzina wanita-wanita suci yang mukmin dan lalai dari kemaksiatan.”Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah.

Defisini dosa besar

Dosa besar adalah dosa yang diancam hukuman had di dunia atau diancam murka atau laknat atau neraka kepada pelakunya atau Allah dan RasulNya berlepas dari pelakunya. Contohnya adalah membunuh seorang mukmin dengan sengaja tanpa alasan yang membolehkan. Firman Allah, artinya, “Dan barangsiapa membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka balasannya ialah Jahannam, kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya dan mengutuknya serta menyediakan adzab yang besar baginya.” (An-Nisa’: 93).

Dan hadits Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim di atas merupakan sebagian dosa-dosa besar.

Definisi dosa kecil

Dosa kecil adalah dosa yang tidak terpenuhi padanya kriteria dosa besar, contohnya adalah sabda Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam dari Abu Hurairah, “Dicatat atas bani Adam bagiannya dari zina, pasti dia mendapatkanya tidak mungkin tidak, zina dua mata adalah memandang, dua telinga adalah mendengar, lisan adalah berbicara, tangan adalah memegang, dua kaki adalah melangkah, dan hati menginginkan dan mendambakan, hal itu dibenarkan oleh kemaluan atau didustakannya.” (HR. Muslim).

bersambung…


Artikel : www.hisbah.net

Gabung Juga Menjadi Fans Kami Di Facebook Hisbah.net | Dakwah Al-Hisbah | Hisbah.Or.Id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: