Dosaku Terlalu Banyak, Apa Allah Menerima Taubatku?

Apa-Allah-Menerima-Taubatku.jpg

Pertanyaan: Saya ingin bertaubat, tetapi dosa saya terlalu banyak, saya tidak tahu apakah Allah subhanahu wata’ala akan mengampuni semua kesalahan yang telah saya lakukan di tahun-tahun yang lalu?

Jawaban: Allah ta’ala berfirman:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Katakanlah: “Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, jangnlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az-Zumar: 53)

Dan firman-Nya dalam hadits qudsi: “Wahai anak adam, tidaklah kamu berdo’a dan memohon kepadaKu melainkan Aku mengampuni segala kesalahanmu, dan Aku tidak perduli (sebanyak apapun dosamu). Wahai anak adam, walaupun dosamu mencapai setinggi langit kemudian memohon ampun, pasti Aku ampuni dan aku tidak perduli (sebanyak apapun dosamu). Wahai anak adam, sungguh bila kamu datang kepada-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi namun ketika kamu menjumpai-Ku (mati) dalam keadaan tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu apapun, maka Aku akan datang membawa ampunan untukmu.” (HR. Tirmidzi)

Bahkan kebaikan Allah subhanahu wata’ala jauh lebih besar dari itu semua, karena siapa saja yang bersungguh-sungguh dalam bertaubat,maka Allah subhanahu wata’ala akan mengganti keburukannya yang lalu dengan kebajikan.

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala:

إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh; maka kejahatan mereka Allah ganti dengan kebajikan. Dan Allah maha pengampun lagi maha penyayang.” (QS. Al-Furqan: 70)

Disalin dari buku saku berjudul “Taubat”, penerbit: Kantor Dakwah untuk Orang Asing Cabang Zulfi.


(Imam Jamal Sodik/hisbah.net)

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: