Hadits Lemah dan Palsu Seputar Nishfu Sya’ban

masjid-malam.jpg

Telah tersebar di masyarakat kita beberapa hadits lemah dan palsu seputar amalan-amalan pada bulan sya’ban. Berikut kami sebutkan beberapa hadits tersebut:

Ali bin Abi Thalib mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا، فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا، فَيَقُولُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

“Bila malam pertengahan bulan Sya’ban tiba, maka lakukanlah shalat di malam harinya dan puasa di siang harinya, karena sesungguhnya Allah turun pada malam itu saaat matahari tenggelam ke langit dunia, lalu Dia berfirman, ‘Adakah orang yang memohon ampun, maka Aku pasti mengampuninya? Adakah orang yang meminta rizki, maka Aku pasti memberinya? Adakah orang yang tertimpa musibah, maka Aku pasti menyelamatkannya? Adakah ini, adakah itu hingga fajar terbit.”

Hadits ini sangat lemah sekali dan dikeluarkan oleh Ibnu Majah, no. 1388 melalui jalan Abdurrazzaq dari Ibnu Abi Sabrah dari Ibrahim bin Muhammad dari Mu’awiyah bin Abdillah bin Ja’far dari bapaknya dari Ali bin Abi Thalib.

Al-Mubarakfuri dalam Tuhfatu al-Ahwadzi (3/444) berkata, mengenai hadis Ali saya telah mengetahui bahwa ini adalah hadits yang sangat lemah.

Ali juga memiliki hadis lain yang redaksi,

فَإِنْ أَصْبَحَ فِي ذَلِكَ الْيَوْمِ صَائِمًا كَانَ كَصِيَامِ سِتِّينَ سَنَةٍ مَاضِيَةٍ وَسَنَةٍ مُسْتَقَبَلَةٍ

Bila pada hari itu seseorang berpuasa, maka ia seperti berpuasa selama enam puluh tahun yang lalu dan enam pula tahun yang akan datang.

Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu al-Jauzi dalam al-Maudhu’at (hadits-hadits palsu) dan dalam komentarnya ia mengatakan, “sanadnya gelap”.

Sumber : “Shiyam at-Tawwu’; Fadha-il wa Ahkam”, hal. 69, Usamah Abdul Aziz.

Penyusun : Amar Abdullah bin Syakir

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah.net di Fans Page Hisbah
Twitter @hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: