Harta Riba Terhalang dari Barokah (Serial Ayat-ayat Riba 2)

perahu-kuning.jpg

Alloh ta’ala berfirman,

يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ [البقرة : 276]

Artinya: “Allah memusnahkan Riba dan menyuburkan sedekah dan Allah tidak menyukai Setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.” (Qs. Al-Baqoroh : 276)

Ayat ini merupakan peringatan dari Alloh bahwa sanya Dia tidak memberikan berkah pada harta riba, dan akan menghapuskannya, dalam arti Alloh akan membinasakannya dan benarlah apa yang difirmankan Alloh ta’ala,

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ رِبًا لِيَرْبُوَ فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُو عِنْدَ اللَّهِ وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ [الروم : 39]

Artinya : dan sesuatu Riba (tambahan) yang kamu berikan agar Dia bertambah pada harta manusia, Maka Riba itu tidak menambah pada sisi Allah. dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, Maka (yang berbuat demikian) Itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).( Qs. Ruum : 39 )

Dan ini semua demi Alloh dapat kita saksikan sendiri pada hari ini berapa banyak perusahaan dan bank baik yang bersekala internasional atau daerah yang bangkrul karena sebab riba, berapa banyak wanita dan pria yang masuk penjara kerena sebab riba. Sesungguhnya itu adalah hukum Alloh maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran, namun sebagian yang lain Alloh biarkan dan mereka bersenang-senang di dunia sampai akhirnya nanti Alloh mengazabnya di akhirat jika mereka tidak mau bertaubat. Wallohu a’lam.(Abu Umair)

Sumber : Risalah ‘ajilah Ilaa Ashabi ar Riba, Abu Abdirrahman Ali Khumais Ubaid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: