Hukum Berhijab dari Saudara Laki-laki Suami

lubang-kawat1.jpg

Soal :

Semoga Alloh memberi keberkahan kepada anda, penanya, (dengan inisial) mim mim mim, berkata, istri suadara laki-laki ku hidup serumah bersama kami, ia makan dan minum bersama kami, dan melakukan segala hal, (pertanyaanya) bolehkah baginya untuk menampakkan dirinya di hadapanku tanpa mengenakan hijab sementara ia mengenakan pakaian yang longgar dan mengenakan sapu tangan pada kepalanya, aku menganggapnya seperti saudariku sekandung, aku tak mempunyai kekuasaan sedikit pun atasnya untuk memaksanya agar mengenakan hijab, apakah saya berdosa, saya hidup bersama mereka dalam satu rumah. Berilah kami bimbingan terkait dengan hal tersebut.

Jawab :

Syaikh : ya, wajib atas istri saudaramu untuk berhijab darimu secara sempurna seperti halnya ia berhijab dari orang-orang yang ada di jalanan. Bahkan, sangat boleh jadi berhijabnya dia dari diri anda lebih ditekankan daripada berhijabnya dia dari orang-orang yang ada di jalanan. Karena, fitnah yang sangat mungkin terjadi antara diri anda dengan dirinya lebih berat daripada fitnah yang terjadi antara dirinya dengan  orang lelaki yang berada di jalanan, karena anda bersama dengannya dalam satu rumah. Oleh karenanya, tidak halal baginya keluar kepada anda sementara ia membuka wajahnya. Bahkan, yang wajib atasnya adalah menutup wajahnya. Adapun tampaknya kedua telapak tangannya dan kedua telapak kakinya maka saya berharap hal tersebut tidak ada masalah, karena hal tersebut memberatkan baginya untuk menutupi keduanya.

Sumber :

فتاوى نور على الدرب (Fatawaa Nuur ‘Alaa ad Darb), Syaikh Muhammad bin Sholeh al-Utsaimin, semoga semoga Alloh merahmatinya.

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: