IBNU TAIMIYAH KECIL, WAKTU BERMAIN & YAHUDI

Screenshot_2.jpg

 

((إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ))

“Sesungguhnya kami telah menurunkan peringatan ini (Al Qur’an) dan kami sendiri yang akan menjaganya” Al Hijr 9

إن العلماء ورثة الأنبياء، إن الأنبياء لم يورثوا ديناراً ولا درهماً إنما ورثوا العلم فمن أخذه أخذ بحظ وافر. رواه الترمذي وغيره وصححه الألباني

“Sesungguhnya para ulama ialah ahli waris para nabi, dan para nabi tidaklah mewariskan dinar maupun dirham akan tetapi mereka mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang mendapatkan ilmu mereka, maka sesungguhnya ia telah beruntung” HR TIirmidzi dan disahihkan albani.

 

عن مُعَاوِيَةَ بن أبي سفيان رضي الله عنهما قال: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : (مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ) روى البخاري ومسلم

“Barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan, maka akan difahamkan baginya agama ini” HR Bukhari & Muslim.

Beginilah penjelasannya dalam agama kita ini, bahwa ternyata tidaklah sembarang orang dapat menjadi ulama, hanya mereka yang dipilih Allah semata, yang diberikan taufik oleh-Nya untuk mendapatkan kehormatan sebagai ahli waris para nabi dan para penjaga Kitab-Nya.

Ya, kita memang sudah sangatlah jauh dari periode kenabian, akan tetapi dengan kekuaasan-Nya kita masih tetap bisa mengenal ajaran agama kita dengan baik sampai saat ini, yang mana Allah jaga para ulama rahimahumullah sebagai perantara dengan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam. Dan diantara sekian banyak dari ulama itu, tersebutlah nama Ibnu Taimiyah, Syaikhul Islam yang kesohor sebagai salah satu penjaga benteng aqidah ahlussunnah wal jama’ah dengan ilmunya, dan terdepan dalam menjaga kaum muslimin pada zamannya dengan jihadnya. dan pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui satu sisi yang jarang dibahas, yaitu masa kecil Ibnu Taimiyah, sebagai salah satu masa yang krusial dan menentukan dikehidupan setiap anak adam.

Ibnu Taimiyah sedari kecil sudahlah Allah berikan kekhususan lebih untuk kedepannya dapat menjadi salah satu penjaga Agama, yang mana Ibnu Taimiyah dilahirkan oleh keluarga ahli ilmu, ayah dan kakeknya ialah dua ulama yang kesohor pada zamannya, maka tak ayal lagi Ibnu Taimiyah pun dapat dengan mudah mengakses ilmu-ilmu agama sejak dini dari sumber yang terpercaya, apalagi akhlak dan adabnya pastilah terjaga. Maka Ibnu Taimiyah bisa dibilang tumbuh berkembang dalam penjagaan yang sempurna: berbakti kepada kedua orangtua, bertakwa lagi wara’, ibadah dan zikir setiap saat, hingga masalah makanan dan pakaian pun terperhatikan, memang sederhana namun terjaga kehalalannya. maka disini sudah mulai tampak jelas kebesaran dan perhatian Allah Ta’ala kepada Ibnu Taimiyah  sedini mungkin.

Ibnu Taimiyah memang berbeda, ia tidaklah seperti anak-anak seusianya pada umumnya yang banyak menghabiskan waktu untuk bermain, Ibnu Taimiyah kecil sudah gemar membaca, bolak-balik ke perpustakaan  sudah menjadi aktifitas rutinnya. Namun pada suatu waktu, hal itu menjadi lebih spesial lagi, ketika itu Ibnu Taimiyah kecil sedang asyik berjalan menuju keperpustakaan, namun ditengah jalan ia dihadang oleh seorang yahudi yang tinggal didekat jalan tersebut, kira-kira apa gerangan? Akankah Ibnu Taimiyah kecil bergeming dan takut? dan memilih pulang dalam keadaan menangis selayaknya anak kecil? tidak! Ia tetap berjalan terus, dan ternyata si yahudi itu hanya ingin bertanya-tanya tentang Islam kepada anak kecil ini, karena ia melihat ada suatu kecerdasan yang luar biasa pada Ibnu Taimiyah kecil yang tidak ada pada anak kecil selainnya pada umumnya. dan ya! sekali lagi ya! karena memang Ibnu Taimiyah sedang dipersiapkan Allah untuk masa depan yang besar lagi berat. Walhasil, yahudi itu terus menanyakan masalah-masalah tertentu kepada Ibnu Taimiyah kecil, dan hasilnya ia mendapatkan jawaban yang cepat dan tepat lagi memuaskan, dan begitu seterusnya tiap kali Ibnu Taimiyah lewat, si yahudi pun suka berbagi informasi kepada Ibnu Taimiyah akan kebobrokan dan kebatilan agama yang dianut orang-orang yahudi, hingga pada satu waktu Allah bukakan pintu hidayah bagi si yahudi dan ia pun masuk Islam ditangan anak kecil yang bernama IBNU TAIMIYAH itu.

Namun ternyata, keistimewaan Ibnu Taimiyah yang sudah tampak semenjak masa kecilnya tak sampai disitu saja, pernah suatu kali Ayah dan keluarganya ingin pergi berlibur untuk bertamasya sesekali, namun yang ada Ibnu Taimiyah kecil malah lari dan bersembunyi agar tidak ajak ikut dan pergi, tak ayal lagi, seisi rumahpun mencemoohnya ketika pulang disore harinya, “bagaimana mungkin anak kecil ini tidak suka diajak jalan-jalan dan lebih memilih sendirian dirumah”, maka Ibnu Taimiyah kecil ini menjawab mereka:

“Kalian semua tidak mendapatkan tambahan apa-apa dari tamasya ini, sementara aku dalam waktu kepergian kalian, telah menghafal satu jilid kitab ini!”

kitab yang dimaksud adalah kitab ushul fiqh hambali yang fenomenal itu: “Jannah An Nazhir wa Junnah Al Manazhir”

Subhaanallah!!! Beginilah salah satu potret masa kecil salah satu ulama kita, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah, Ulama Rabbani yang diakui keistimewaannya, teguh dan tegar dalam membela kebenaran, hidup dengan kemuliaan ilmu, mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya, dan wafat meninggalkan puluhan karangan sebagai warisan terbaiknya. celaan para pendengki pun tak sedikitpun mengurangi derajatnya, zaman tak memakan namanya, tempat tak menghalangi namanya untuk dikenal, namanya hidup terus bersamaan saat kita membaca kitab-kitab aqidah maupun fikih, amalan jariyahnya tak pernah putus mengalir selama ilmu-ilmunya dikaji, namanya terus didoakan rahimahullah, semoga Allah merahmatinya dan memberikan manfaat bagi ummat dengan ilmu-ilmunya, Aamiin.

 

Dan sungguh benar sabda Nabi-Nya:

(( احفَظِ الله يَحْفَظْكَ….)) رواه الترمذيُّ وقال حديثٌ حسنَ صَحيحٌ

Jagalah Allah maka Ia kan menjagamu” Hadits Hasan Shahih diriwayatkan oleh Tirmidzi.

Penulis: Muhammad Hadhrami bin Ibrahim

Sumber: 60 BIOGRAFI ULAMA SALAF

Karya SYAIKH AHMAD FARID

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: