Keutamaan Tauhid (2)

tauhid1.jpg

Pembaca yang budiman…

Telah kita ketahui satu dari keutamaan tauhid, yaitu “Jaminan Keamanan bagi Ahlinya “. Maka berikut ini keutamaan tauhid yang lainnya, yaitu bahwa “ Tauhid Menjamin Masuk Surga “  Saudaraku…barangkali anda bertanya, mengapa demikian ?

Karena orang yang bertauhid, sekalipun sempat singgah di neraka, namun di sana dia tidak kekal selamanya, ada saatnya di mana dia dientaskan darinya karena tauhid dalam dadanya dan hal ini hanya untuk ahli tauhid saja.

Dari Ubadah bin ash-Shamit Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ شَهِدَ أَنَّ لَا

إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَأَنَّ عِيْسَى عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلِهِ وَكَلِمَتَهُ أَلْقَاهَا إِلىَ مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِنْهُ وَالْجَنَّةُ حَقُّ وَالنَّارُ حَقٌ أَدْخَلَهُ اللهُ الْجَنَّةَ عَلَى مَا كَانَ مِنْ الْعَمَلِ

“Barangsiapa bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang haq selain Allah semata tiada sekutu bagiNya, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, bahwa Isa adalah hamba dan utusan Allah, kalimatNya yang Dia sampaikan kepada Maryam dan ruh dariNya, surga adalah haq dan neraka adalah haq, niscaya Allah memasukkannya ke dalam surga sesuai dengan amal yang dia lakukan.” ( HR. al-Bukhari dan Muslim).

Hafizh Ibnu Hajar berkata, “Makna ucapannya,

على ما كان من العمل

(sesuai dengan amal yang dia lakukan) yakni yang baik atau yang tidak baik, karena ahli tauhid pasti masuk surga. Ada kemungkinan makna ucapannya, ‘Sesuai dengan amal yang dia lakukan’ yakni penduduk surga masuk menurut amal masing-masing sesuai dengan derajat mereka.” Allahu a’lam.


Artikel : www.hisbah.net

Gabung Juga Menjadi Fans Kami Di Facebook Hisbah.net | Dakwah Al-Hisbah | Hisbah.Or.Id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: