Kisah Maryam binti Imran

perahu-kuning.jpg

Saudariku muslimah, semoga Allah memberkahi Anda

Anda saya yakin kenal dengan Maryam binti Imran, ibunda dari Nabi Isa, ia adalah wanita teladan yang utama bagimu. Namanya  terukir harum dalam Al-Qur`an, perjalanan hidupnya penuh dengan hikmah dan pelajaran.

Saudariku muslimah, semoga Allah memberkahi Anda

Mari kita renungi lebih dekat contoh keutamaan wanita yang sati ini agar engkau -kaum muslimah- bisa meneladani kemuliaan akhlak dan pribadinya.

 Ia adalah wanita yang amat mulia

Rasulullah  bersabda,

كَمَلَ مِنْ الرِّجَالِ كَثِيرٌ وَلَمْ يَكْمُلْ مِنْ النِّسَاءِ إِلَّا آسِيَةُ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ وَمَرْيَمُ بِنْتُ عِمْرَانَ وَإِنَّ فَضْلَ عَائِشَةَ عَلَى النِّسَاءِ كَفَضْلِ الثَّرِيدِ عَلَى سَائِرِ الطَّعَامِ

“Banyak orang yang sempurna dari kalangan laki-laki, namun hanya Asiyah istri Fir’aun dan Maryam binti ‘Imran yang sempurna dari kalangan wanita. Dan sungguh keutamaan ‘Aisyah atas kaum wanita laksana keutamaan tsarid (bubur) atas seluruh makanan.” (HR. Bukhari No. 3411 dan muslim No. 2431) 

Imam An-Nawawi menjelaskan, “Yang dimaksud sempurna dalam hadits ini adalah puncak dalam segala kemuliaan dan beragam sifat kebaikan serta ketakwaan.

Maka dari itu, wahai –saudariku muslimah- selayaknya engkau menghiasi diri dengan ketakwaan dan sifat-sifat yang baik agar engkau pun menjadi wanita yang mulia.

 Menjaga Kehormatan adalah bagian dari Kuncinya

Saudariku muslimah, semoga Allah memberkahi Anda

Di antara sifat takwa terpenting yang dimiliki Maryam adalah ‘iffah (menjaga kehormatan dan harga diri). Ia tidak pernah melakukan sedikit pun perbuatan keji yang akan mencoreng nama baik atau merusak harga diri. Allah berfirman, yang artinya,

 “Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, Sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).” (QS. Ali imran: 42)

Maka dari itu hendaknya engaku menjaga kehormatan diri karena ia merupakan bagiand ari kunci untuk meraih kemuliaan diri. Semakin engkau menjaga harga diri dan kehormatannya, maka engkau akan semakin mulia di sisi Allah. Dan sebaliknya, semakin engkau mengobral harga diri dan mengumbar hawa nafsunya, maka engkau akan semakin rendah dan buruk di sisi Allah Azza wajalla.

 Pemandangan yang Menyayat Hati

Wahai saudariku, Muslimah, semoga Allah memberkahimu

Jika engkau menilik potret kebanyakan wanita hari ini, engkau akan mendapati beragam pemandangan memprihatinkan dan fenomena yang menyayat hati. Dimana banyak kaum wanita sudah terlalu jauh melewati batas syariat. Mengumbar aurat menjadi kebanggaan, bercampur baur dengan kaum lelaki seolah kebiasaan, berpacaran laksana budaya yang patut dilestarikan, dan artis serta bintang film menjadi panutan. Maka, Janganlah engkau menjadi bagian dari kebanyakan kaummu yang sedemikian itu. Seoga Allah melindungimu dari terjerumus ke dalam segala bentuk keburujan yang justru akan menodai kemuliaan dirimu. Aamiin

Jadikanlah sosok Maryam bintu Imran sebagai salah satu suri teladan bagimu, karena pada dirinya terdapat keteladanan yang baik bagimu. Semoga Allah membimbingmu untuk meniti jalannya yang lurus, jalanNya yang indah, yang akan mengantarkanmu kepada kebahagiaan hidup baik di dunia ini maupun di akhirat nanti.

Demikianlah beberapa kalimat yang ingin aku tuliskan untukmu , semoga yang sedikit ini Allah rabbmu yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang memberikan manfaatnya kepadamu. Amin

Amar Abdullah

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: