Macam-Macam Hati

Pazel-Hati.jpg

Berkata Imam Ibnul Qoyyim dalam kitabnya Ighatsatul Lahfan Fii Mashayidis Syaithan  bahwasanya hati manusia itu dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu:

# Qolbun Salim (hati yang bersih/sehat),  yaitu hati yang bersih dari fitnah syahwat dan fitnah syubhat. Alloh ta’ala berfirman tentang hati ini yang artinya:

(Yaitu) hari yang tidak berguna lagi harta dan anak-anak laki-laki. kecuali orang-orang yang datang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” (QS. Asy-Syu’ara: 88-89).

# Qolbun Saqiim (hati yang sakit), Yaitu hati yang masih hidup, tetapi mengidap penyakit. Ia mempunyai unsur yang saling mempengaruhi, kadang hidup dan kadang mati, tergantung unsur mana yang lebih dominan. Di dalamnya ada kecintaan kepada Allah Ta’ala, iman, ikhlas, dan tawakkal kepada-Nya, namun di satu waktu ia juga cinta dan senang terhadap perbuatan dosa & maksiat. Na’udzubillahi min hadzal qolb….

# Qolbun Mayyit (hati yang mati), jenis hati yang ini ialah lawan dari jenis hati yg pertama.  Hawa nafsu adalah imamnya, syahwat adalah komandannya, kebodohan adalah sopirnya, dan kelalaian adalah kendaraannya. Na’udzubillahi min hadzal qolb….

‪#‎WhatsAppDakwah‬

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: