Maksiat Akan Melemahkan Akalmu

brain-dalam-braininjury.jpg

Diantara dampak buruk dari perbuatan dosa dan maksiat bagi seorang mukmin ialah akalnya menjadi lemah dan mudah hilang konsentrasi.

Perhatikanlah tatkala Imam Syafi’i pergi berguru kepada Imam Malik, waktu itu beliau masih kecil, lantas Imam Malik membacakan suatu hadits kepadanya, maka seketika Imam Syafi’i menghafalnya tanpa ada satu huruf yang terlewatkan.

Begitu heran dan terkejutnya sang Imam akan kecerdasan sang murid, lantas beliau berwasiat kepadanya, “wahai Ahmad (nama asli dari Imam Syafi’i), aku melihat cahaya yang sangat terang dalam dirimu, maka janganlah engkau meredupkan cahaya tersebut dengan kegelapan dosa dan maksiat.”

Dalam kisah tersebut dapat kita simpulkan bahwasanya dosa dan maksiat akan menjadikan akal seseorang lemah dan mudah lupa.

Dalam kisah lain diriwayatkan bahwasanya pernah suatu ketika Imam Syafi’i mengadu kepada gurunya Imam Waqii’ akan buruknya hafalan beliau (mudah lupa, dsb), maka sang Guru menjelaskan bahwa semua itu merupakan dampak dari dosa dan maksiat.

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: