Manusia Makhluk Sempurna, Tapi

Manusia-Makhluk-Sempurna-Tapi.jpg

Manusia adalah makhluk Allah yang sempurna, namun dibalik kesempurnaanya manusia tidak luput dari dosa dan kesalahan. Di balik kesempurnaan manusia secara fisik, disana ada kekurangan non-fisik.

Dalam kehidupan berumah tangga, tentunya setiap pasangan menginginkan kesempurnaan. Suami ingin istrinya sempurna, istri ingin suaminya sempurna. Keduanya menginginkan kesempurnaan yang kosong dari kekurangan dan kecacatan.

Tapi tabiat atau kebiasaan manusia selalu melihat dari kacamata kekurangan pada pasangan atau temannya. Kita lupa bahwa dibalik kekurangannya disana ada kelebihan yang sangat banyak. Dr. Syafiq Riza Basalamah berkata : “Kamu bukan malaikat dan istrimu bukan bidadari”. Jika direnungkan perkataan beliau maka kita akan menyadari bahwa kitapun tidak sempurna.

Maka jadikanlah kekurangan pada pasangan dan teman kita menjadi kelebihan. Bagaimana caranya yaitu dengan saling memahami dan memaafkan.

Apabila manusia saling mengenal keutamaan di antara mereka, maka mudahlah bagi orang yang berdosa untuk mengakui dosanya, dan mudahlah bagi yang memiliki hak untuk memaafkan kekurangan yang ada pada orang lain.

Jakarta, 28 Syawwal 1436 H / 13 Agustus 2015 M.

Penulis : Endang Hermawan Abu Rufaydah

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: