Menentukan Hari Baik Pernikahan

Untitled-1.png

Tanya :

Insya Allah saya akan menikah tahun depan 2001 tapi saya masih bingung menentukan hari yang baik karena menurut orang tua itu harus ada perhitungan harinya biasanya di lihat dari hari dan tanggal lahir kedua pasangan. Yang saya mau tanyakan bagaimana perhitungan hari yang baik dalam islam supaya dapat berkah?

Jawab :

Akhi fillah,

Sebelumnya kami berharap anda belum melaksanakan pernikahan tersebut saat jawaban ini sampai kepada anda sehingga anda tidak bingung lagi untuk menentukan hari H nya.

Sesungguhnya hari-hari adalah milik Allah ta’ala, begitu juga dengan masa/zaman.

Sepengetahuan kami, tidak ada dalil yang menyebutkan bahwa hari anu adalah hari yang terbaik untuk menikah.

Memang ada hari yang dikatakan sebagai Sayyidul ayyam (Tuannya hari-hari) yaitu hari Jum’at, begitu juga hari Senin dan Kamis dimana Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam senantiasa puasa pada kedua hari tersebut.

namun semua itu bukan sebagai dasar/landasan berpijak untuk mengatakannya sebagai hari yang terbaik dalam melakukan acara tertentu seperti pernikahan, misalnya.

Apa yang orang tua anda mengatakan bahwa harus ada perhitungan harinya, itu hanya disebabkan oleh tata cara adat semata dimana berlaku perhitungan hari tertentu.

Bahkan masalah siapa yang terbaik jadi jodoh pun dijadikan hitungan tertentu dan apabila hasilnya angka A, maka anda tidak baik nikah dengan orang yang dijadikan dalam hitungan tersebut, dan apabila hasilnya angka B, maka baik.

Walhasil, semua itu tidak ada landasan syar’i (agama)nya.

Oleh karena itu hari apa saja anda berniat akan mengadakan pernikahan tidak jadi masalah, hanya saja perlu juga dipertimbangkan hari yang kira-kira para undangan anda banyak memiliki kesempatan alias pada waktu luang bagi mereka agar mereka dapat memenuhi undangan walimah anda.

Nasehat kami, jelaskan hal ini kepada orang tua anda, dan orang-orang yang berkepentingan lainnya dengan cara pendekatan yang baik sehingga mereka dapat menerimanya. Wallahu A’lam.


Artikel : www.hisbah.net

Sumber : www.alsofwa.com

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: