Meneropong Dosa-dosa Suami (bagian 13)

Meneropong-Dosa-dosa-Suami-bagian-13.jpg

Tidak Mengetahui Kondisi Biologis Perempuan

Ada tipe suami yang tidak mengetahui kondisi biologis yang dialami perempuan, baik berupa kehamilan, haid, nifas dan lain sebagainya. Seorang perempuan pasti mengalami kondisi-kondisi tersebut. Barangkali ia akan merasakan nyeri dan kurang nyaman, khususnya ketika hamil dan dalam kondisi mengidam.

Seorang perempuan disebut mengidam bila ia sangat menginginkan sesuatu pada saat hamil. Bisa jadi kondisi tersebut diiringi dengan ketidaksukaan kepada beberapa hal, sampai-samapi ia tidak sanggup melihat, atau menciumnya. Mungkin ia tidak menyukai rumahnya, tidak menyukai suami dan lain sebagainya. Jika suami tidak mengetahui kondisi ini, ia akan menafsirkannya sebagai kebencian dan kebosanan istri terhadapnya.

Bisa jadi harga diri dan kesombongan begitu menguasai suami, sehingga ia segera menceraikan istri. Ia tidak mengetahui bahwa tindakan istri tersebut bukan berasal dari keinginannya sendiri. Maka, seyogyanya suami memiliki pengetahuan mengenai kondisi-kondisi biologis tersebut. agar ia tidak terjatuh ke dalam kesalahan, lalu menyesal pada waktu tidak berguna rasa sesal. Bila ia tidak mengusai pengetahuan tentangnya,maka hendaknya ia bertanya. Sebab, obat dari kebodohan adalah bertanya.

Wallahu a’lam

Sumber :

Dinukil dari “Min Akhthaa-il Az-Waaj“, Muhammad bin Ibrahim al-Hamd, (Edisi Bahasa Indonesia), hal. 104.

Amar Abdullah bin Syakir

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: