Jika Anda Seorang Istri Yang Solehah, Maka Jangan Sekali-Kali Lakukan Ini …

Untitled-1-5.jpg

Ada tipe istri yang kurang pandai bersabar; sedikit saja ada konflik atau permasalahan dengan suami, ia memberitahukannya kepada ayah, ibu saudara, dan bahkan teman-teman perempuannya. Padahal konflik yang ada belum pantas untuk diceritakan dan dipublikasikan. Tindakan tersebut termasuk sikap kurang setia dan sikap tergesa-gesa yang tercela. Ia juga menjadi pertanda kebodohan, sebab sangat mungkin ia menjadi sebab runtuhnya mahligai pernikahan. Syarat sebuah rumah tangga bahagia bukanlah sama sekali terbebas dari problematika. Melainkan yang terpenting adalah bagimana mengelola dan memecahkan problematika.

Karenya, sudah seharusnya seorang istri berusaha dengan sungguh-sungguh agar tidak ada seorang pun yang menjadi pihak ketiga antara dirinya dan suami, siapapun orang itu. Sebab, bila orang tersebut berpihak kepada mereka berdua, ia akan merasa sedih dan risau. Namun, bila ia seorang yang benci dan dengki, ia akan bergembira atas musibah yang menimpanya. Bahkan, barangkali ia akan memperlihatkan sikap “syamathah” (senang atas kekalahan musuh). Atau, ia memberi pendapat yang salah, sehingga menjadi sebab perpisahan dan hancurnya rumah tangga.

Maka, seorang istri yang cerdas tentu menyembunyikan apa yang terjadi antara dirinya dan suami, bahkan kepada orang tua sekalipun, apa lagi kepada pihak-pihak yang lain. Terkecuali bila konflik telah menumpuk dan sulit dicari solusinya, maka ia meminta pendapat yang bijak sebagai solusi. Atau, penunjukkan perantara untuk mendamaikan suami istri telah menjadi solusi terakhir (lihat, Nazaraat Fi al-Usrah al-Muslimah, hal. 73)

Wallahu a’lam

Sumber :

Dinukil dari, “Min Akhtha az-Zaujaat”, Muhammad bin Ibrahim al-Hamd, (Edisi Bahasa Indonesia), hal. 38-39

Amar Abdullah bin Syakir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: