Riba Itu Sedikit Meskipun Terlihat Banyak

perahu-kuning.jpg

عن ابن مسعود أن النبي صلى الله عليه و سلم قال : الربا وإن كثر فإن عاقبته تصير إلى قل

Dari ibnu Mas’ud bahwa nabi shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “ Riba meskipun banyak namun akibatnya akan menjadi sedikit(HR. Ahmad di dalam Musnadnya, Syaikh Syu’aib al-Arnauth berkata : Shohih.

Hadis ini bersesuaian dengan firman Alloh ta’ala,

يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ [البقرة : 276]

Allah memusnahkan Riba dan menyuburkan sedekah dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa ( Qs. Al-Baqoroh : 276 )

Pembaca yang budiman…

Ini merupakan peringatan bagi para pelaku riba, bahwasanya harta riba meskipun banyak pada suatu hari namun akhirnya dan penghujungnya adalah kehancuran dan kebinasaan. Dan ini dapat kita saksikan sendiri dalam kenyataan, para pelaku riba akan selalu diberi cobaan oleh Alloh dengan dijauhkan dari barokah dalam harta yang dia peroleh, Alloh selalu menguji mereka dengan musibah, peyakit, kecelakaan sehingga mereka menghabiskan uang tersebut untuk pekerluan itu, mereka tidak merasakan nikmat dengan uang itu, atau bahkan mereka mengalami kerugian dalam perdagangan, atau Alloh mengakhirkan mereka semua nanti pada hari Kiamat dan ini tentu lebih dahsyat lagi. Wallohu a’lam

 

Sumber : Risalah ‘Ajilah Ilaa Ashhaabi ar Riba, Abu Abdirrahman Ali Khumais Ubaid

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: