Segera Menuju Shalat (bag.2)

bersegera-sholat-jumat-2.jpg

Pembaca yang budiman, pada bagian pertama tulisan ini telah disebutkan tiga di antara keutamaan bersegera menuju shalat di masjid, yaitu bahwa :

  1. Mendapatkan sholawat Malaikat (yakni, dimintakan ampun dan rahmat kepada Alloh) selagi kita menunggu shalat, disamping kita dianggap berada dalam keadaan shalat.
  2. Kita berpeluang mendapatkan shaf yang pertama yang memiliki keutamaan yang sangat agung dan pahala yang besar.
  3. Kita Berpeluang Mendapatkan takbiratul Ihrom (bersama imam), dan itu adalah takbir yang pertama yang paling utama, sebagai kunci shalat.

Berikut adalah keutamaan yang lainnya dalam tindakan bersegera menuju shalat di masjid setelah muadzin mengumandangkan azan, yatiu,

 

  1. Kita Berkesempatan untuk berdoa antara adzan dan iqomah di mana do’a yang dipanjatkan pada saat itu adalah do’a yang mustajab.

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Do’a antara azan dan iqomah tidak tertolak”(HR. Abu Dawud).

 

  1. Kita Berpeluang Mendapatkan Tempat Shalat Dekat dengan Imam. Ini adalah keutamaan yang sangat besar.

 

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hadirilah majlis dzikir dan dekatlah dengan imam, dan seseorang senantiasa menjauh dari imam sehingga dia ditempatkan pada posisi yang terakhir dari Surga sekalipun memasukinya”(HR. Abu Dawud).

 

  1. Kita Berpeluang Dapat Melaksanakan Sunnah-sunnah Qobliyah, seperti qobliyah fajar yang memiliki keutamaan sebagaimana sabda nabi shallallohu ‘alaihi wasallam, “Dua rokaat shalat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya”(HR. Muslim). Dan sholat sunnah qobliyah lainnya.
  2. Kita Berpeluang Besar untuk Banyak membaca zikir seperti; tasbih (mengucapkan “subhanalloh“), “tahmid” (mengucapkan “alhamdulillah”), “takbir” (mengucapkan “Allohu akbar”), dan “tahlil” (mengucapkan,”Laa Ilaaha illalloh”) dan istighfar, membaca al-Qur’an dan bentuk ibadah yang lainnya antara adzan dan iqomah yang kesemuanya merupakan sarana teraihnya pahala dari Alloh ta’ala. Semakin banyak kita bisa melakukannya maka akan semakin banyak pula pahala yang akan kita raih, insyaa Alloh.

Akhirnya, semoga Allah memberikan taufiq kepada kita untuk dapat bersegera menuju shalat di masjid setelah muadzin mengumandangnkan azan. Amin

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi kita Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Sumber :

Diringkas dari “Fadhlu at Tabkiir Ilaa ash Sholati,” karya : Dr. Amin bin Abdullah asy Syarqowiy. Dengan sedikit gubahan dan tambahan dari sumber lainnya.

 

Amar Abdullah bin Syakir

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: