Semua Yang Terlibat Dalam Riba Diancam Dengan Laknat

sambaran-petir2.jpg

Saudaraku…

Sahabat mulia Jabir bin Abdullah berkata,

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ.

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam melaknat orang yang memakan riba, yang memberi makan dengannya, , penulisnya dan kedua saksinya, dan beliau bersabda, mereka itu adalah sama saja (HR. Muslim)

Saudaraku…

Hadis shohih ini secara tegas menjadi hujjah atas siapa saja yang membantu para pemakan riba. Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam menjadikan laknat kepada semua pihak yang terlibat, dan beliau memberitahukan bahwa mereka itu adalah sama. Apabila seorang penulis, saksi adalah satu sekutu maka bagaimanakah dengan orang yang mengurusinya, atau orang yang sengaja menyebarkan dan memasang iklan untuk mengajak manusia kepada riba, yang menganjurkan atau memotivasi kepada praktek tersebut. Kami mohon keselamatan dan penjagaan kepada Alloh ta’ala.

Saudaraku…

Satu hal yang perlu diperhatikan di sini, bahwa kata “ katib “ (penulis) yang terdapat dalam hadis adalah mencakup seluruh penulisan tatkala proses pengurusan akad riba, dan seluruh penulisan yang terjadi setelah akad riba, dan seluruh penulisan yang terjadi setelah akad ini maka masuk dalam akad yang diharamkan juga (karena merupakan kelanjutannya, pen) Wallohu ‘alam ( Abu Umair )

Sumber : Sumber : Risalah ‘ajilah Ilaa Ashabi ar Riba, Abu Abdirrahman Ali Khumais Ubaid

 

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: