Serial Syirik Besar 7: Perkara yang Diharamkan Allah

langit-hitam.jpg

Pada edisi sebelumnya telah kita sebutkan bahaya syirik besar yang lainnya, yaitu bahwa dosa ini adalah Dosa Besar yang Paling Besar. Berikut adalah bahaya lainnya dari syirik besar ini, yaitu syirik merupakan perkara yang diharamkan oleh Allah ta’ala.

Perhatikan firman Allah subhanahu wata’ala berikut,

قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَالْإِثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَأَنْ تُشْرِكُوا بِاللَّهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

“Katakanlah: Rabbku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun ter-sembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpaalasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatuyang Allah tidak menu-runkan hujjah untuk itu dan (meng-haram-kan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al-Araaf: 33).

Allah ta’ala perintahkan kepada rasul, Katakanlah -wahai Rasul- kepada mereka orang-orang musyrik: sesungguhnya Allah mengharamkan perbuatan-perbuatan yang keji, baik perkara tersebut nampak maupun tersembunyi, dan Dia mengharamkan segala bentuk kemaksiatan, diantara kemasiatan yang besar adalah melanggar hak orang lain, sesungguhnya hal tersebut merupakan sebab yang akan menjauhkan seseorang dari kebenaran. Dia juga mengharamkan kalian menyembah selain Allah disamping menyembah Allah, di mana hal tersebut tak ada satu pun dalil atau bukti yang menganjurkannya. Orang yang melakukan hal itu ia tak mempunyai hujjah (argumentasi) sedikitpun. Dia juga mengharamkan kalian menisbatkan secara dusta  kepada Allah sesuatu yang tidak disayariatkan olehNya, seperti misalnya dakwaan bahwa Allah mempunyai anak dan lainnya. Wallahu a’lam.

Bersambung insya Allah.

____________

Artikel: www.hisbah.net

Gabung juga di Fans Page hisbah.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: