Suamiku Egois

suami-egois.jpg

Adakah seorang istri yang mau memiliki suami yang  egois (keinginan suami harus dituruti istri)? Kalo ada maka sesungguhnya dia seorang istri calon penghuni surga, yang amat sabar menghadapi suaminya.

Doa dari Aisyah (istri Raja Fir’aun) yang doanya ada dalam Al-qur’an surat Ath-Tahrim ayat 11

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِندَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِن فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Dan Allah membuat isteri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim”  (Qs Ath-Tahrim ayat 11)

Adakan wanita seperti ini yang hidup dijaman sekarang? Adakah wanita yang ingin seperti ini mengabdikan hidupnya taat kepada suaminya yang keras kepada istrinya? Sungguh mulia para istri yang telah Allah berikan hidayah untuk selalu bersabar menghadapi sikap suami yang egois.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَصَّنَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ بَعْلَهَا، دَخَلَتْ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شَاءَتْ

Apabila seorang isteri mengerjakan shalat yang lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya (menjaga kehormatannya), dan taat kepada suaminya, niscaya ia akan masuk Surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya.”.  Hadits hasan shahih: Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban (no. 1296 al-Mawaarid) dari Shahabat Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu. Lihat Shahiih Mawaariduzh Zham’aan (no. 1081).

Balasan yang Allah telah tetapkan sungguh teramat besar bagi para istri yang mau bersabar menghadapi suaminya mengurus anak-anak beserta keluarganya yang bertujuan hanya untuk mencari ridho Allah dan suaminya.

وَنِسَاؤُكُمْ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ: اَلْوَدُوْدُ الْوَلُوْدُ الْعَؤُوْدُ عَلَى زَوْجِهَا؛ اَلَّتِي إِذَا غَضِبَ جَائَتْ حَتَّى تَضَعَ يَدَهَا فِيْ يَدِ زَوْجِهَا وَتَقُوْلُ: لاَ أَذُوْقُ غَمْضًا حَتَّى تَرْضَى

Wanita-wanita kalian yang menjadi penghuni Surga adalah yang penuh kasih sayang, banyak anak, dan banyak kembali (setia) kepada suaminya yang apabila suaminya marah, ia mendatanginya dan meletakkan tangannya di atas tangan suaminya dan berkata, ‘Aku tidak dapat tidur nyenyak hingga engkau ridha.” (Hadits hasan: Diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam Mu’jamul Kabir (XIX/140, no. 307) dan Mu’jamul Ausath (VI/301, no. 5644), juga an-Nasa-i dalam Isyratun Nisaa’ (no. 257). Dan juga dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilah ash-Shahiihah (no. 287).

Mintalah kepada Allah Azza wa Jalla untuk selalu memberikan taufiq dan hidayah kepada suami agar menjadi imam yang soleh, yang mengamalkan ajaran Allah dan Rasulnya secara baik, yang akan membimbing bahtera rumah tangga hingga tujuan akhir Surga Firdaus.

Bersabarlah wahai para istri…..

Penulis Abu Battar

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: