Sya’ban, Proyek Latihan

Sya’ban-Proyek-Latihan.jpg

Setiap kita tentu mengharapkan perjumpaan dengan bulan yang penuh berkah, yaitu bulan Ramadhan yang kedatangannya insya Allah sebulan lagi karena kita sekarang berada di bulan Sya’ban. Namun, apakah kita dapat berjumpa dengan bulan ramadhan yang kita rindukan tersebut? yang pasti kita tidak tahu. Karena boleh jadi ajal kita telah datang sebelum sampai kepada bulan yang kita rindukan kedatangannya. Betapa banyak fakta menunjukkan bahwa banyak orang meninggal dunia di bulan ini sebelum tiba bulan yang akan datang. Ya, kematian merupakan keniscayaan setiap insan dan merupakan rahasia Rabb semesta alam. Jika ajal yang telah ditetapkanNya untuk kita datang di bulan sya’ban ini, maka sungguh kita tak akan berdaya untuk meminta tenggat waktu barang sebentara saja.  Allah azza wajalla menegaskan dalam firmanNya,

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya (Qs. Al-A’raf : 34)

Maka, sebelum sesuatu yang kedatangannya kita tidak dapat kita ketahui dan jika ia datang kita tidak dapat menolaknya, maka detik demi detik yang masih kita berkesempatan untuk menghirup nafas kehidupan sejatinya merupakan kesempatan yang memberikan peluang kepada kita untuk mengumpulkan berbagai kebaikan. Sehingga kita tidak termasuk goloang orang yang banyak lalai di bulan ini, bulan sya’ban.

Kita ingat selalu pesan nabi kita Muhammad ﷺ dalam sabdanya,

 ذاك شهر يغفل الناس عنه بين رجب ورمضان، وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين عز وجل فأحب أن يرفع عملي وأنا صائم

Sya’ban adalah bulan yang banyak manusia melalaikannya, yang berada antara bulan Rajab dan Ramadhan. Sya’ban  adalah bulan di mana amal-amal itu diangkat kepada rabb semesta alam Dzat yang Maha perkasa lagi Mulia. Maka, aku suka agar amalku diangkat sementara aku dalam keadaan berpuasa.

Maka, sudah sepatunnya kita mengamalkan sabda Nabi kita Muhammad ﷺ,

اغتنم خمسا قبل خمس : شبابك قبل هرمك و صحتك قبل سقمك و غناك قبل فقرك و فراغك قبل شغلك و حياتك قبل موتك

Pergunakanlah dengan baik lima hal sebelum (datang) lima hal; masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu dan hidupmu sebelum datang kematianmu ( HR. Al-Hakim di dalam al-Mustadrak, no. 7846)

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan bulan sya’ban ini dengan memperbanyak amal shaleh seperti memperbanyak puasa sunnah di dalamnya sebagaimana yang banyak dilakukan oleh Rasulullah ﷺ, ini adalah proyek latihan bagi kita sebelum tiba saatnya kita harus berpuasa selama sebulan penuh lamanya di bulan ramadhan pada siang harinya.

Amar Abdullah

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: