Warna-Warni Forum Dakwah

Warna-Warni-Forum-Dakwah.jpg

Melihat dunia dakwah yang semakin berkembang kita menyaksikan keterikatan antara Dai dengan dengan muslimah pada beberapa acaranya, mereka seakan lupa dan lalai bahwa fitnah wanita itu terpatri dalam diri kaum lelaki, sebagaimana yang ditunjukkan oleh Hadits Shahih:

“مَا تَرَكْتُ بَعْدِيْ فِتْنَةً أَضَرُّ عَلَى الرِجَالِ مِنْ فِتْنَةِ النِسَاءِ”

Tidaklah ada sepeninggalku fitnah yang lebih dahsyat bagi kaum lelaki ketimbang fitnah wanita” (HR. Bukhari)

 

Brikut beberapa fenomena yang terlihat pada kegiatan-kegiatan dakwah yang wajib bersama-sama kita perbaiki:

1. Terlalu mudah untuk berkomunikasi dengan non mahrom atau meneleponnya atau dalam sesi tanya jawab maka yang wajib adalah mawas diri dari fitnah suara wanita bukan karena ia haram akan tetapi untuk lebih berhati-hati karena kita tahu sendiri apa yang dapat terjadi dari suara.

 

2. Saling bertukar pesan melalui telepon atau email Mungkin maksud awalnya untuk saling mengingatkan kemudian sang da’i terkejut dengan balasan yang diterimanya berisikan kata-kata yang tak pantas lagi.

 

3. Terlalu mudah menerima undangan sebagai pembicara di forum dakwah akhwat, kemudian timbullah ungkapan memuji antara satu sama lain, dan bergeraklah hati yang lemah untuk memikirkan apa yang tak layak lagi.

 

4. Dan kita dapati juga beberapa kasus dari akhwat ketika mereka kagum dengan seorang da’i maka secara sadar atau tidak terlihat mereka begitu menggantungkan hati mereka ke da’i tersebut, mengikuti semua programnya, bertanya ini itu dengan dalih ilmu, bahkan meneleponnya.

 

Belum lupa bukan dengan fenomena beberapa waktu lalu? Ketika seorang Qari’ muda menikah, nge trend lah hashtag “Hari Patah Hati Akhwat”, Itulah salah satu contoh realnya.

Melalui tulisan singkat ini, pesannya bukan untuk menghentikan kegiatan dakwahnya, akan tetapi sebagai pengingat masing-masing diri, agar tidak menjadikan ilmu dan dakwah sebagai topeng syetan memainkan hati orang-orang yang lemah, karena sejatinya ilmu dan dakwah itu untuk membentengi diri dari godaan syetan yang terkutuk.

 

Muhammad Hadhrami Achmadi

Diringkas g dari artikel yang berjudul:

صور الافتتان بالمرأة في المجتمع الدعوي

Dari: Almohtasb.com (Situs Amar Makruf Nahi Munkar Saudi Arabia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: