3 Hal Ini Akan Menjaga Anda dari Zina

3-Hal-Ini-Akan-Menjaga-Anda-dari-Zina.jpg

“Mencegah lebih baik daripada mengobati” demikianlah ungkapan pepatah.
Dewasa ini sering kita mendengar berita tentang kehamilan diluar nikah disebabkan maraknya pergaulan bebas, alias zina. Miris mendengarnya namun inilah kenyataan yang terjadi, apalagi di zaman sekarang pintu yang menghantarkan kepada pergaulan bebas semakin terbuka lebar dan banyak jalannya.

Oleh karena itu Allah memerintahkan kita untuk menjauhi segala pintu yang menghantarkan kepada perzinahan, Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra’: 32)

Dengan demikian kita diperintahkan untuk “sedia payung sebelum hujan”, menutup jalan yang menuju perzinahan sebelum terjadi. Sebenarnya banyak cara untuk menghindari zina, namun 3 diantaranya yang paling penting, yaitu sebagai berikut:

1.Menundukkan pandangan.

Pandangan adalah pintu pertama untuk menuju perzinahan, mata bagaikan pintu bagi hati, karena rasa cinta atau ketertarikan kepada lawan jenis pertamakali biasanya berawal dari pandangan dan kemudian menimbulkan ketertarikan di dalam hati, bahasa remajanya; ‘dari mata turun ke hati.’

Jika godaan yang satu ini berhasil dihindari, maka insyaAllah godaan-godaan berikutnya mudah untuk dilewati. Menundukkan pandangan tidak hanya terhadap lawan jenis yang bukan mahram yang ada disekitar kita, tapi juga dari foto atau video yang tidak senonoh. Seringkali seseorang terjerumus kedalam perzinahan disebabkan oleh foto atau video yang dia tonton, dan sumber paling berbahaya yang harus diwaspadai adalah internet.

Intinya tundukkanlah pandangan, maka anggota badan lainnya akan mudah untuk ditundukkan. Allah berfirman:

قُل لِّلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ – وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارهنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجهنَّ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Dan Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya...” (QS. An-Nur: 30-31)

2.Berpakaian tertutup dan tidak bertabarruj

Islam memerintahkan wanita muslimah untuk memakai pakaian tertutup dan tidak menggoda. Wanita dilarang untuk memakai pakaian ketat, transparan, membuka aurat atau memakai parfum yang mencolok baunya agar tidak menggoda para lelaki untuk memandang kepadanya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat, (1) Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan, (2)Para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

Wanita yang berpakaian tertutup, longgar, dan tidak menggoda tampak lebih terhormat dihadapan lelaki, sehingga lelaki akan sungkan untuk mendekatinya apalagi menggodanya, berbeda dengan wanita yang mengumbar aurat dan menampakkan keindahannya.

3.Tidak berduaan dengan lawan jenis nonmahram.

Berdua-duaan dengan lawan jenis yang bukan mahram adalah faktor terbesar yang menjerumuskan kepada perzinahan –naudzu billah min dzalik-. Ketika lelaki dan perempuan berduaan, setan akan menjadi orang yang ketiga bagi mereka, ia akan selalu membuat manis pertemuan mereka, dan setan tidak akan mudah menyerah sampai berhasil menjerumuskan keduanya kedalam perbuatan zina.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَا يَخْلُوَنَّ أَحَدُكُمْ بِامْرَأَةٍ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ ثَالِثُهُمَا

“Janganlah salah seorang dari kalian berkhalwat dengan seorang wanita, karena sesungguhnya syaitan menjadi orang ketiga diantara mereka berdua.” (HR. Ahmad).

Ketika lelaki dan perempuan berduaan, maka akan mudah bagi setan untuk menggoda mereka agar saling memandang, saling melembutkan suara, bersentuhan dan seterusnya. Oleh karena itu seorang lelaki dilarang berduaan dengan perempuan kecuali jika ada mahram. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلاَ يَخْلُوَنَّ بِامْرَأَةٍ لَيْسَ مَعَهَا ذُوْ مَحْرَمٍ مِنْهَا فَإِنَّ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah ia berkhalwat dengan seorang wanita tanpa ada mahrom wanita tersebut, karena syaitan menjadi orang ketiga diantara mereka berdua.” (HR. Ahmad).

Demikianlah 3 point paling penting agar terhindar kita dari zina, semoga dengan menjaga diri kita dari zina Allah menghindarkan kita dari berbagai ancaman di dunia dan di akhirat kepada orang-orang yang berzina.

Semoga Allah subhanahu wata’ala senantiasa menjauhkan kita, keluarga, dan seluruh kaum muslimin dari segala pintu menuju zina.

Semoga shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya serta para pengikutnya sampai hari kiamat.

Penyusun : Arinal Haq

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

527 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: