Apa maksud sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam

tamam.jpg

Sesungguhnya di antara al-bayan (penerangan/keterampilan memberikan penjelasan) itu adalah sihir.” (HR. Muslim) ?

Jawab :

Maksudnya yakni : termasuk bentuk kefasihan dan sastra yang tinggi(balaghoh). Maka, orang yang memiliki ketrampilan untuk memberikan penjelasan dengan fasih dan balaghoh yang baik, terkadang ia mampu mensihir orang lain dengan penjelasan yang ia berikan itu dan gaya atau metode yang dipakainya serta kafasihan ucapannya.

Maka terkadang hal ini bisa menimbulkan percampuradukan  dalam banyak perkara dan terkadang tersembunyi hakikat sebenarnya bagi orang yang mendengarkannya.

Al-Hafizh Ibnu abdi al-Barr menyebutkan bahwa hadis ini  untuk menunjukkan pujian terhadap penjelasan bila dipergunakan dalam kebenaran dan petunjuk. Sekelompok ulama yang lain mengatakan, bahkan sebaliknya. Wallahu a’lam. Hanya saja, ibnu Abdil bar menguatkan pendapat yang pertama, yaitu bahwa hadist ini menunjukkan pujian.

Maka, ketrampilan memberikan pejelasan yang digunakan untuk menolong yang benar dan memberikan penjelasan akan petunjuk merupakan perkara yang terpuji.

Adapun keterampilan memberikan penjelasan dalam hal untuk merancukan banyak masalah, dan untuk mengambil hak orang lain dengan cara yang tidak benar, maka hal tersebut tercela.

Mayoritas ulama membawanya kepada pujian jika hal tersebut dipergunakan dalam hal yang benar seperti banyak nash baik dari alqur’an maupun assunnah yang menjelaskan kebenaran dengan penjelasan yang sangat baik, dengan kata-kata yang sangat jelas. Adapun jika keterampilan memberikan pejelasan tersebut dipergunakan untuk membuat kerancuan masalah, menyembunyikan kebenaran dan menyebarkan kebatilan. Maka, hal ini tercela. Wallahu a’lam

(at Ta’liiqoot al-Baaziyah ‘alaa Kitabittauhiid, Syaikh bin Baaz, Juz 1 hal.41, lihat Maktabah Syamilah)

 


Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah.net di Fans Page Hisbah

Twitter @hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: