Apa yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berdakwah ke Jalan Allah ? (bag.3)

1-3.jpg

Saudariku…

Pada bagian pertama dan kedua tulisan ini, telah engkau ketahui beberapa hal yang bisa kamu dapatkan bila berdakwah ke jalan Allah, yaitu :

1. Pahala menunjukkan kepada kebaikan

2. Pahala berdakwah menuju hidayah

3. Pahala mengajarkan manusia tentang kebaikan.

4.  Pahala Amar Ma’ruf Nahi Munkar,

5. Pahala dari kata-kata yang baik.

6. Pahala memberikan petunjuk kepada manusia

7. Allah akan memberikan kepadamu pengetahuan yang belum kamu ketahui.

8. Sebagai bentuk pengamalan dari pengetahuan syar’i yang kamu miliki, serta menjaga agar pengetahuan tersebut tidak luntur.

9. Kamu akan mendapatkan kelapangan dada dan kedamaian jiwa. karena kamu banyak tahu dan menolong.

10. Mendapatkan berkah dari doa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,

11. Pahala melaksanakan perintah Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam

12. Agar mendapat penyucian dari Allah ta’ala

13. Sebagai bukti ketaatan kepada Allah, sebab Dia memerintahkan kita agar berdakwah di jalan-Nya,

 

Nah, pada bagian ketiga tulisan ini akan aku sebutkan pula kepadamu hal lainnya yang bisa kamu dapatkan bila berdakwh ke jalan Allah, yaitu :

14. Pahala memperjuangkan cita-cita dakwah ke jalan Allah.

Cita-cita dakwah sangat berat dan berat ! Tetapi hal itu menarik, karena ia akan menantangmu untuk berfikir, untuk kemudian berkarya. Cita ini akan menjadikan kamu memanfaatkan kesempatan hidup kamu yang sebentar dengan perbuatan yang pahalanya sangat besar.

Cita yang menjadikan kamu mengajak kaum muslimin, memberi, mengatasi problematika mereka, bekerja untuk mereka, bergaul dengan peristiwa, dan meneriakkan kata-kata : Sesungguhnya mengemban cita-cita umat Islam adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah, maka jangan sampai sebuah ibadah menjadi penghalang bagi ibadah yang lain.

15. Pahala memenuhi kebutuhan umat Islam. Menghilangkan kesedihan dari mereka, dengan mengajarkan ajaran agama, dan memberantas kebodohan tentangnya.

Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda,

…وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيْهِ كَانَ اللهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ…

“Barangsiapa yang senantiasa memenuhi kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Dan barangsiapa mengatasi masalah seorang muslim, maka Allah akan mengatasi masalah-masalahnya di hari Kiamat nanti…(HR. Al-Bukhari)

Adakah di sana sesuatu yang lebih berharga dari memenuhi kebutuhan seorang muslim untuk mempelajari agamanya ?

Adakah sesuatu yang lebih berharga ketimbang memberantas kebodohan dari umat Islam ?

Maka, jadilah engkau wanita penyeru kepada Allah yang sabar dan bersungguh-sungguh.

16. Pahala menghalau kerusakan dan membendungnya, serta kesungguhan hati, mental, raga dan harta untuk mewujudkannya.

Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda,

.

.. وَاعْلَمْ أَنَّ فِي الصَّبْرِ عَلَى مَا تَكْرَهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَأَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ وَأَنَّ الْفَرجَ مِنَ الْكَرَبِ وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Ketahuilah bahwa bersabar terhadap apa yang tidak kamu suka menyimpan kebaikan yang banyak. Kemenangan selalu disertai oleh kesabaran, dan jalan keluar senantiasa menyertai sebuah kesempitan, sesungguhnya kemudahan senantiasa menyertai kesulitan. (HR. Ahmad dan at-Tirmidzi)

17. Pahala atas kesabaran melalui rintangan-rintangan dakwah dan masa-masa sulitnya.

Termasuk kesabaran atas ketidaktahuan dan perlawanan mereka yang menentang.

Allah berfirman,

وَجَزٰىهُمْ بِمَا صَبَرُوْا جَنَّةً وَّحَرِيْرًاۙ

Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabarannya (berupa) surga dan (pakaian) sutera. (Qs. Al-Insan : 12)

18. Pahala kerjasama di dalam kebaikan dan takwa.

Allah berfirman,

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa (Qs. Al-Maidah : 2)

Keterlibatan kamu dalam berdakwah menunjukkan bahwa kamu sedang bekerja sama membangun kebaikan dengan orang-orang shalih di muka bumi ini.

19. Pahala mengisi waktu dengan amal ibadah yang agung, yakni berdakwah di jalan Allah, di mana kamu mendapatkan pahala karenanya. Hal ini akan membantumu memberi jawaban yang baik saat nanti di hari Kiamat kamu ditanya tentang umur, dengan apa kamu mengisinya, tentang badanmu bagaimana kamu memperlakukannya, dan atas hartamu, bagaimana kamu menginfakkannya.

20. Sebagai penguat untuk dirimu dan teladan bagi yang lain. Tindakan dakwah kamu akan semakin menyadarkan kamu betapa besar karunia Allah kepadamu, ketika kamu mendengarkan lebih banyak lagi problem-problem kaum perempuan dan mengamati persoalan-persoalan yang dialami orang lain. Semua itu mendorong kamu untuk berfikir lebih jauh terhadap nikmat Allah yang pasang surut di sana, akan menambah kepatuhan dan kehambaan kamu di hadapan Rabb semesta. Kamu juga akan merasakan betapa amal kamu sangat kecil jika dibandingkan dengan amal-amal shaleh lainnya, dan itu akan mendorong kamu untuk terus melakukan amal shaleh yang lebih baik sebelum kesempatan tiada…

 

Wallahu A’lam

Sumber :

Kaifa Tahtasibiina al-Ajr Fii Hayaatiki al-YaumiyyahHana’ binti Abdul Aziz Ash-Shanii’, ei,hal. 61-67. Dengan sedikit gubahan

Amar Abdullah bin Syakir

 

84 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: