Apa yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Kamu Mempergunakan HP ?

kota-5.jpg

Sebuah alat kecil di genggaman tanganmu bisa kamu jadikan sarana untuk melakukan begitu banyak kebaikan, dengan izin Allah ! Walaupun, ada beberapa wanita yang terkadang berlebihan dalam menggunakan HP dan ada yang terlalu mengekang diri. Jadilah kamu orang yang berada di tengah-tengah, di antara keduanya, yang mampu mengatur alat kecil tersebut, dan bukan menjadi budaknya.

Maka, perhatikanlah-wahai wanita seharum bunga-beberapa hal berikut di saat engkau menggunakan HP :

1. Pahala silaturahim saat kamu menelpon kerabat dan saudaramu.

Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda,

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ رِزْقُهُ ، أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَه

Barang siapa yang ingin rezekinya dilapangkan dan langkahnya dimudahkan, maka sambunglah tali silaturrahim (HR. al-Bukhari)

2. Memberikan kesenangan kepada muslimah yang sedang kamu ajak bicara, saat kamu menyapanya dengan salam dan menanyakan keadaannya…

3. Pahala kata-kata yang baik, saat engkau memberikan ucapan selamat, belasungkawa, dan lainnya.

Seperti sabda Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam-

الْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ

Kata-kata yang baik adalah sedekah (HR. al-Bukhari)

4. Berusahalah untuk meniatkan ibadah saat kamu menggunakan HP, yang bisa mendatangkan kebaikan untuk orang lain.

5. Usahakan untuk menggunakan waktu singkatmu dalam menelpon, dengan melakukan sesuatu yang bernilai lebih banyak ibadah.

Satu contoh :

Dalam sebuah percakapan telpon yang kamu lakukan dengan ibumu, kamu bisa mendapatkan nilai ibadah berikut ini : berbakti pada orang tua, silaturrahim, menyenangkan muslimah lainnya, memenuhi kebutuhannya jika membutuhkan sesuatu, pahala kata-kata yang baik, dan pahala mengucapkan salam pada saat memulai perbincangan dan menutup perbincangan.

6. Pahala mencari pengetahuan syar’i.

Hal ini bisa dilakukan dengan berkonsultasi kepada ahli agama lewat telpon. Atau, browsing masalah yang ingin didalami melalui situs-situs yang terpercaya.

Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda,

إِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ

Sesungguhnya Malaikat merentangkan sayapnya untuk penuntut ilmu karena senang dengan apa yang diperbuat olehnya… (HR. Ahmad)

7. Pahala mencari nasehat baik dari para pakar. Lalu menyebarkannya pada mereka yang membutuhkannya. Hal ini juga masuk kategori amar ma’ruf nahi munkar.

8. Pahala memberikan petunjuk kepada kebaikan dan dakwah menuju kebaikan. Saat kamu melakukan sambungan telepon dan memberikan informasi tentang adanya ceramah-ceramah yang berguna, adanya bazar-bazar amal, atau ketika kamu menyarankan buku-buku, atau menganjurkan amal-amal baik…

9. Adalah satu kebaikan tersendiri saat kamu menggunakan HP untuk mendamaikan manusia. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh wanita yang cerdas, dan benar-benar mencari nilai-nilai pahala.

Di sisi lain, ada perempuan-perempuan yang rendah imannya, menggunakan sarana HP untuk memanas-manasi perselisihan yang terjadi di antara dua orang, hingga api permusuhan pun menyala. Merusak hubungan antara suami dan istri, atau merusak hubungan mertua dengan menantunya. Sungguh kasihan, orang yang melakukan hal ini tidak, mereka sadar bahwa perkataan semacam ini akan menjerumuskan mereka ke dalam api Neraka.

Kita berlindung kepada Allah dari hal demikian.

Wallahu A’lam

 

Sumber :

Kaifa Tahtasibiina al-Ajra Fii Hayaatiki al-Yaumiyyah, karya : Hana binti Abdul Aziz ash-Shanii’, hal. 68-72

Amar Abdullah bin Syakir

 184 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: