Bolehkah Ruqyah Massal?

alquran.jpg

Pertanyaan :

Boleh nanya? Ruqyah bareng-bareng boleh atau tidak? Yang saya tau tidak boleh, tapi bisa diperjelas?

Jawaban :

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya jika melakukan ruqyah adalah dengan cara membacakan kepada orang yang sakit dan dilakukan secara sendiri-sendiri (tidak berjamaah). Tidak ada satupun dalil yang menunjukkan praktek ruqyah berjamaah atau massal. Maka meruqyah secara massal adalah tidak boleh.

Berikut fatwa Lajnah Daimah mengenai hal ini:

Pertanyaan : Bolehkah membaca Al-Qur’an saat ruqyah dengan pengeras suara, melalui telepon dari jauh atau secara massal dalam satu waktu?

Jawaban : Ruqyah itu haruslah dilakukan kepada orang yang sakit secara langsung, bukan melalui pengeras suara ataupun telepon, karena ini menyelisihi apa yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya-semoga Allah meridhoi mereka-, serta orang-orang yang mengikuti mereka dalam tata cara ruqyah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

“Siapa yang mengada-ada dalam agama ini padahal bukan bagian darinya maka amal mengada-ada tersebut pasti tertolak.” (HR. Al-Bukhari no. 2697, Muslim no. 1718). (Fatwa Lajnah Daimah http://www.alifta.net/fatawa/fatawaDetails.aspx?View=Page&PageID=10531&PageNo=1&BookID=3)

Sudah menjadi sebuah keharusan bagi kita selaku umat Nabi Muhammad untuk beribadah sesuai dengan apa yang beliau ajarkan. Wallahu a’lam bishshowab.

Dijawab oleh: Imam Jamal Sodik, S.Pd.I

Artikel : www.hisbah.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: