Istri yang Panjang Lidah

maenahan-amarah.jpg

Termasuk karakter istri yang buruk adalah wanita yang panjang lidahnya. Sebab, wanita yang lidahnya  panjang itu merupakan tipe orang yang paling buruk secara mutlak. Panjang lidah yang kami maksud tidak hanya sebatas suka berteriak-teriak saja. Ini-meski juga merupakan keburukan- lebih sederhana daripada lidah yang tajam, bagaikan pisau cukur.

Wanita yang lidahnya tajam ini selalu mengadu, mengorek keterangan, dan membuat bosan.

Ia selalu mengkritik dan mengoreksi –meski menurutnya ingin membetulkan- pakaian suaminya, caranya berjalan, dan gaya hidupnya.

Ia terkadang mencemooh suaminya dengan membandingkan dengan salah satu dari kerabatnya, atau suami saudari kandungnya, atau pria yang dahulu melamarnya namun ia tolak, padahal orang itu telah memiliki kedudukan dan taraf hidup yang tinggi.

Wanita seperti itu tidak ubahnya seperti ular berbisa. Bedanya, ular itu bisanya berada di taringnya, sedangkan wanita tersebut bisanya berada di lidahnya.

Semoga Allah memberikan hidayah kepada setiap istri kaum muslimin sehingga selamat dan terjaga dari penyakit perilaku yang buruk berupa “panjangnya lidah”. Amin

Wallahu a’lam

Penulis : Amar Abdullah bin Syakir

Sumber :

Aswa-ul Zaujaat, Abdullah al-Ju’aitsan, (e.id, hal.17)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: