Itu Hanya Setengah Dari yang Sebenarnya

Kategori : Keluarga

Itu Hanya Setengah Dari yang Sebenarnya

Anda wahai istri, terkadang mendengar dalam suatu kesempatan, seorang wanita yang memuji suaminya bahwa ia adalah suami yang baik, murah hati, berakhlak mulia, dan seterusnya. Dan, Anda juga wahai suami, mungkin akan mendengar ucapan serupa dari seorang suami tentang istrinya.

Benar, bahwa apa yang dikatakan oleh suami atau isteri tentang pasangannya itu adalah realita yang sebenarnya yang mereka berdua alami. Namun yang saya ingin katakan, bahwa ucapan tersebut biasanya hanya setengah dari yang sebenarnya terjadi dan tidak semuanya hakiki. Karena itu, jangan sampai dengan omongan semacam itu, membuat setan berhasil menjadikan Anda merasa kecil hati dan kecewa terahadap pasangan Anda. Hal itu karena suami istri yang dipuji-puji oleh pasangannya, adalah juga manusia biasa, yang memiliki banyak kebaikan, namun tidak luput dari berbagai kekurangan dan kesalahan.

Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengalamatkan pesan untuk para suami dan para Istri yang memuji pasangan mereka secara berlebih-lebihan di hadapan orang lain, bahwa perbuatan ini bisa termasuk kategori “tong kosong nyaring bunyinya”. Maka saya mengingatkan mereka dengan hadis ‘Aisyah –semoga Allah meridhainya- ,

أَنَّ امْرَأَةً قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَقُولُ إِنَّ زَوْجِى أَعْطَانِى مَا لَمْ يُعْطِنِى فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمُتَشَبِّعُ بِمَا لَمْ يُعْطَ كَلاَبِسِ ثَوْبَىْ زُورِ

Bahwa seorang wanita berkata, ‘Wahai Rasulullah! (bagaimana bila) aku berkata, ‘Suamiku memberiku sesuatu yang tidak dia berikan kepadaku,’, (untuk membuat cemburu maduku) ?’ maka Rasulullah-صلى الله عليه وسلم-menjawab, ‘Orang yang mengaku kenyang dengan sesuatu yang tidak diberikan kepadanya, adalah seperti orang yang mengenakan sepasang baju kebohongan (HR. Muslim)

Sumber :

Az-Zaujan Fi Khaimah as-Sa’adah; Maharat wa Wasa-il, Abdurrahman bin Abdullah al-Qar’awi, (ei, hal.72-73)

Amar Abdullah bin Syakir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *