JANGAN TUNDA TAUBATMU LAGI!

Untitled-1-1.jpg

Mereka yang tak memikirkan akibat dari perbuatannya maka tidaklah disebut sempurna akalnya, ingatlah selalu hal ini!

Para pemuda yang tenggelam dalam kubangan maksiat, yang tak pernah terfikir olehnya untuk bertaubat, ataupun ingin juga untuk menyudahinya namun memilih menundanya sebab alasan usia yang masih muda, namun ajal siapa yang tahu? bisa saja malaikat maut sedang menantinya diseberang jalan.

Ada juga sebagian dari kalangan penuntut ilmu yang menyepelekan hal ini, yang menyangka bahwa cukuplah ilmu itu dihapal dan dipahami tanpa harus segera diamalkan, hingga ajal pun menjemput dan persidangan amal dilangsungkan diakhirat kelak, maka iapun merasa rugi karena amalannya masihlah terhitung sedikit, mengapa ia tak mengamalkan seluruh apa yang ia ketahui dari hal-hal yang bermanfaat bagi akhiratnya.

Maka seorang yang berakal pasti akan memikirkan hal tersebut, mempersiapkannya terus menerus tanpa henti, beramal salih selalu dan langsung bertaubat jika harus terlanjur mendosa, maka kapanpun ajal harus datang menjemputnya, tak jadi masalah baginya, bekalnya cukup, dirinya siap!

Allahu Ta’ala berfirman:

(فَإِذَا جَاء أَجَلُهُمْ لاَ يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلاَ يَسْتَقْدِمُونَ ….) النحل 61

“Hingga jika saatnya ajal mereka, maka tak akan diundurkan lagi sekejappun dan tak pula dimajukan” Surah An Nahl 61

 

Apalagi yang kau ragukan saudaraku? Ragu jika taubatmu tak akan mengubah apa-apa?

Renungkan sabda Nabi ini:

عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال :

( التائب من الذنب كمن لا ذنب له وحسنه الألباني في صحيح ابن ماجة )

Diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seorang yang bertaubat dari suatu dosa, maka ia seperti orang yang tak berbuat dosa” HR Ibnu Majah dihasankan Al Albani.

 

Lihatlah kawan! betapa Allah sangat menyayangimu! Apapun dosanya, bertaubatlah! Maka Allah dengan rahmat dan hikmahnya akan mengampunimu. Saat ini juga! Jangan tunda lagi, dunia ini hanyalah tempat persinggahan bukan tujuan, rumah kita yang sebenarnya adalah SURGA!

Semoga Allah Ta’ala mengampuni kita semua, memberikan hidayah dan petunjukkan agar kita dapat istiqamah untuk terus berada diatas ketaatan kepada-Nya dan Rasul-Nya, Aamiin.

 

Penulis: Muhammad Hadhrami Bin Ibrahim

Rujukan:

كتاب صيد الخاطر فصل 206 لابن الجوزي

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: