Jika Kesalahan Diungkit Karena Bertaubat

bv-563x326.png

Tanya:

Saya ingin bertaubat, tapi teman-teman saya mengancam akan membeberkan segala kejelekan dan aib yang pernah saya lakukan, mereka memiliki foto-foto dan dokumen, saya takut nama baik saya tercemar jika saya bertaubat, apa yang yang harus saya lakukan?

Jawab:

Anda harus melawan para pendukung syaitan, ketahuilah bahwa tipu daya syaitan itu lemah, kemudian ketahuilah bahwa jika anda menuruti mereka, mereka akan semakin gila mencari sesuatu yang dapat memberatkan anda, maka disini anda akan rugi dua kali.

Mantapkanlah taubat anda dan bertawakkallah kepada Allah, bacalah (hasbiyallahu wa ni’mal wakil). Dahulu apabila Rasulullah SAW merasa takut terhadap suatu kaum tertentu beliau membaca doa:

اللهم إنا نجعلك في نحورهم ونعوذ بك من شرورهم

Ya Allah, sesungguhnya kami menjadikanMu (sebagai pelindung kami) di hadapan mereka, dan kami berlingdung kepada-Mu dari kejahatan mereka.” (HR. Ahmad & Abu Dawud).

Memang benar, kondisi yang anda hadapi ini sangat berat, akan tetapi Allah SWT selalu bersama orang-orang yang bertakwa. Dia tidakakan menghinakan anda karena anda bertaubat.

Dahulu Ada seorang sahabat yang bernama Martsad bin Abi Martsad, ia bertugas menyelundupkan orang-orang muslim yang lemah dari Kota Mekah menuju Kota Madinah. Ia pernah mempunyai teman wanita sebagai pelacur di Mekah yang bernama Inaq, dan ia sudah berjanji kepada seseorang untuk membawanya ke Madinah. Martsad berkata, “ketika aku sampai dan berada dibawah bayangan sebuah dinding, pada malam purnama, maka datanglah Inaq dan ia melihatku, ketika ia menghampiriku iapun mengenaliku, lalu ia berkata, “mari kita tidur bersama malam ini! Aku pun menjawab, “Allah telah mengharamkan zina.” Maka Inaqpun menyeru, “wahai kaum, orang ini akan membawa pergi para tawanan kalian!!!” Martsad melanjutkan ceritanya: “maka ada sekitar delapan orang yang mengejarku hingga aku sampai di sebuah goa, lalu aku masuk kedalamnya, merekapun datang hingga berada tepat diatas kepalaku. Namun Allah SWT menghalangi penglihatan mereka, kemudian mereka pergi dan aku kembali ke rumah sahabatku dan membawanya pergi menuju kota Madinah.”

Demikianlah Allah SWT membela orang-orang yang beriman dan bertaubat kepadaNya. Kemudian apabila nanti terbongkar semua hal yang tadi anda takutkan dan memerlukan klarifikasi, hendaknya anda jelaskan sikap anda kepada orang lain dan katakana bahwa dulu anda memang orang yang berdosa, namun sekarang anda telah bertaubat kepada Allah SWT. Dan harus kita sadari bahwa hakekat pengungkapan seluruh kejahatan yang pernah dilakukan adalah di akhirat nanti dihadapan Allah SWT dan seluruh makhlukNya dari malaikat, jin, dan manusia.

 

Sumber : Buku saku berjudul “Taubat”, penerbit: Kantor Dakwah untuk Orang Asing Cabang Zulfi

Arinal Haq

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

308 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: