Kerusakan dikarenakan maksiat

Saya mau tanya dunia sebenernya baik baik aja atau ada sesuatu?

rasa rasanya hawa covid terasa mencekam

Pergaulan makin ganas banyak yang peka larinya ke pesanten karna pendidikan diluar sudah kurang aman?

Jawab :

Alhamdulillah.

Siapa yang mau merenungkan firman Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى- dan mengimani kebenarannya niscaya ia dapatkan bahwa dunia ini telah banyak terjadi beragam bentuk kerusakan di dalamnya. Sebagaimana firman-Nya,

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ [الروم : 41]

Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) (Qs. Ar-Ruum : 41)

Maknanya :

Terlihat kerusakan di daratan dan di lautan seperti kekeringan, minimnya hujan, banyaknya penyakit dan wabah. Hal itu disebabkan kemaksiatan-kemaksiatan yang dilakukan oleh manusia, agar mereka mendapatkan hukuman dari sebagian amal mereka di dunia, supaya mereka bertaubat kepada Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-dan kembali kepada-Nya dengan meninggalkan kemaksiatan, selanjutnya keadaan mereka akan membaik dan urusan mereka menjadi lurus (at-Tafsir al-Muyassar, 7/224)

Semoga Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-memberikan taufik kepada kita untuk melakukan setiap kebaikan yang telah ditunjukkan-Nya di dalam kitab-Nya dan ditunjukkan pula oleh Rasul-Nya di dalam sunnah-sunnahnya. Sehingga kita mendulang kebaikan dalam kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Semoga pula Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-memberikan taufik kepada kita untuk melakukan perbaikan, sehingga kodisi kita dan saudara-saudara kita menjadi lebih baik.

Semoga pula Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-memberikan taufik kepada kita untuk bertaubat kepadanya kala kita melakukan dosa atau kemaksiatan apa pun bentuknya.

Semoga pula Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-menyelamatkan kita dari segala macam bentuk keburukan dalam hidup kita, di dunia dan di akhirat.

Semoga pula Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-melindungi dan menghindarkan kita dari melakukan apa pun bentuk kemaksiatan dan keburukan, yang akan mengakibatkan kerusakan dan keburukan dalam kehidupan kita.

Amin

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi kita Muhammad, beserta keluarganya dan para sahabatnya.

Artikel: www.hisbah.net
Ikuti update artikel kami di Hisbah.net
Youtube: HisbahTv
Instagram: Hisbahnet dan Al Hisbah Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *