Kesurupan Karena Sihir

Kesurupan-Karena-Sihir.jpg

Sering kali kita dengar dalam ungkapan masyarakat ketika melihat  orang yang kesurupan bahwa ia kemasukan jin. Pertanyaannya “Mungkinkah jin masuk ke dalam tubuh seseorang? “ Jawabannya, “Mungkin”. Hal ini ditunjukkan dalam beberapa dalil yang menunjukkan kepada hal tersebut, di antaranya,

1. Firman Allah subhanahu wa ta’ala,

الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ

Orang-orang yang memakan harta riba itu, mereka tidak berdiri (dari kubur mereka) kecuali seperti orang yang kesurupan kemasukan setan (Qs. Al-Baqarah : 275)

Imam al-Qurthubi berkata, “Dalam ayat tersebut terdapat dalil yang menunjukkan tentang kekeliruan pendapat orang yang mengingkari kesurupan karena jin, mengira bahwa hal itu gejala alam semata, bahwa setan tidak berjalan dalam tubuh manusia dan tidak ada kesurupan karena setan (Tafsir al-Qurthubiy, 3/355)

2. Sabda Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنْ الْإِنْسَانِ مَجْرَى الدَّمِ

Sesungguhnya setan itu berjalan dalam tubuh manusia seperti mengalirnya darah (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Al-Qadhi ‘Iyadh mengatakan, “hadis tersebut secara tegas menunjukkan bahwa Allah memberikan kekuatan dan kemampuan kepada setan untuk berjalan dalam tubuh manusia seperti mengalirnya darah (Syarh an-Nawawi, 14/157)

Apa Saja Jenis Jin yang Suka Masuk ke Tubuh Manusia ?

Jenis-jenis jin yang biasa masuk ke tubuh manusia adalah :

1- Jin pembantu tukang sihir.

Jin ini masuk ke tubuh atas perintah tukang sihir untuk menyakiti seseorang. Jin tersebut bekerjasama dengan tukang sihir atau dukun yang telah mempersembahkan kepada jin tesebut sesuatu dari bentuk ibadah.

2- Jin yang suka pada seseorang

Yakni, jin yang tertarik kepada seseorang kerena kecantikannya atau ketampanannya. Oleh sebeb itu, ketika membuka pakaian atau tatkala masuk kamar mandi dan WC, kita dianjurkan membaca doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam-.

3- Jin nakal yang suka mengganggu manusia.

Jin juga ada yang bersifat suka mengganggu dan menyakiti seperti sebagian manusia suka mengganggu sesama.

4- Jin yang ingin balas dendam terhadap seseorang yang dengan tidak sengaja pernah menyakiti jin tersebut atau salah seorang dari kerabatnya.

Masuknya Jin ke Tubuh Manusia Ada dalam Dua Bentuk :

Pertama : Masuknya jin ke dalam tubuh seseorang di luar kehendak orang tersebut. Hal ini terjadi melalu dua cara ; adakalanya atas kehendak jin itu sendiri dan adakalanya dimasukkan orang lain dengan cara sihir.

Kedua : Atas kehendak orang tersebut dengan cara melakukan hal-hal yang dapat mengundang jin agar mau masuk ke dalam tubuhnya atau ke dalam tubuh orang lain. Hal ini biasanya dilakukan oleh tukang sihir dan orang-orang yang menggunakan tenaga jin dalam ilmu beladiri dan lainnya.

Bagaimana Cara Agar Kita Selamat dari Gangguan Jin ?

Pertama adalah dengan menghafal Ayat Kursi dan membacanya pada setiap selesai shalat Fardhu, pagi dan sore hari, serta ketika hendak tidur.

Termasuk pula membaca dzikir dan doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam– dalam berbagai aktifitas, kesempatan dan keadaan. Seperti doa pagi dan sore, doa ketika masuk WC, doa ketika membuka baju, doa ketika memasuki daerah baru.

Kedua adalah dengan menghindari sebab-sebab yang mengundang jin untuk berbuat jahat pada kita. Seperti, suka melamun dan kebiasaan-kebiasaan sejenis, serta menjauhi sikap yang berlebihan dalam bergembira, dalam bersedih, atau terlalu marah dan terlalu lapar. Karena pada kondisi-kondisi yang kurang stabil tersebut membuat kita kehilangan konsentrasi sehingga sangat mudah bagi jin untuk masuk mempengaruhi sikap dan perasaan kita. Wallahu a’lam

Amar Abdullah bin Syakir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: