Keutamaan Akhlak yang Baik (3)

water.jpg

Kaum muslimin di manapun anda berada, pada edisi sebelumnya (1 dan 2)  kita telah menyebutkan 3 diantara keutamaan akhlak yang baik sebagaimana yang dikatakan oleh syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa’di rahimahulloh. Selanjutnya… keutamaan akhlak yang baik lainnya adalah,

(4) Akhlak yang baik itu sendiri merupakan ihsan (berbuat baik kepada orang lain) yang terkadang mempunyai nilai tambah melebihi ihsan dengan harta. Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya kalian tidak dapat memuaskan manusia dengan harta-harta kalian tetapi yang dapat memuaskan mereka adalah akhlaq yang baik”.

Yang sempurna, apabila dua hal tersebut dimiliki sekaligus tetapi apabila tidak dapat berbuat baik kepada orang lain dengan materi karena ia tidak memilikinya maka dapat diganti dengan akhlak yang baik yaitu perilaku dan ucapan yang baik, bahkan mungkin mempunyai pengaruh yang lebih nyata daripada berbuat baik dengan harta.

(5) Dengan akhlak yang baik dan hati yang tenang tentram memantapkan seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang ia inginkan.

(6) Dengan akhlak yang baik, memberi kesempatan bagi orang yang berdiskusi untuk mengemukakan hujjahnya dan ia dapat memahami hujjah lawan diskusinya; sehinggga ia dapat terbimbing kepada kebenaran dalam hal ucapan dan perbuatan. Di samping itu, akhlak yang baik menjadi faktor yang terkuat untuk mendapatkan dua hal di atas pada lawan diskusinya. Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “ Sesungguhnya Alloh memberi atas kelembutan apa yang ia tidak beri atas kekasaran,” (HR. ath- Thobroni)

(7) Dengan akhlak yang baik, menyelamatkan seorang hamba dari bahaya sikap tergesa-gesa dan kesembronoan, dikarenakan kematangannya, kesabaran dan pandangannya yang jauh ke depan dalam mempertimbangkan berbagai kemungkinan dan menghindarkan bahaya yang ia khawatirkan. Allohu a’lam. Bersambung ….insyaa Alloh. (Abu Umair)

Selesai

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

556 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: