Keutamaan Shalat Tatawwu’ (bag.1)

Keutamaan-Shalat-Tatawwu’-bag.1.jpg

A. Pengertian Tathawwu’

Tatawwu’ secara bahasa artinya adalah nafilah yakni segala kelebihan yang baik (al-Qamus al-Muhith, Fairuz Abadi, bab huruf ‘Ain dan huruf Tha, hal. 962)

Allah azza wajalla berfirman,

فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ

Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya (Qs. Al-Baqarah : 184)

Jadi Tathawwu’ adalah perbuatan yang dilakukan suka rela oleh seorang muslim atas kemauan sendiri, yang bukan merupakan kewajiban baginya (Lihat, Lisanul Arab, Ibnu Manzur, bab ‘Ain dan fasal huruf Tha VIII : 243)

B. Keutamaan Tathawwu

Shalat tathawwu’ memiliki banyak keutamaan yang besar, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Shalat tathawwu’ dapat menyempurnakan shalat wajib dan menutupi kekurangannya.

Hal ini berdasarkan hadis Tamim ad-Dari,

أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَلَاتُهُ فَإِنْ كَانَ أَتَمَّهَا كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ لَمْ يَكُنْ أَتَمَّهَا قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا هَلْ تَجِدُونَ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَتُكْمِلُونَ بِهَا فَرِيضَتَهُ ثُمَّ الزَّكَاةُ كَذَلِكَ ثُمَّ تُؤْخَذُ الْأَعْمَالُ عَلَى حِسَابِ ذَلِكَ

Yang pertama kali dihisab dari diri seorang hamba pada Hari Kiamat nanti adalah shalatnya. Bila shalatnya sempurna, akan dituliskan pahalanya dengan sempurna. Apabila dia belum menyempurnakannya, maka Allah berfirman (kepada para Malaikat-Nya),’Lihatlah apakah kalian mendapatkan hamba-Ku itu melakukan shalat tatawwu’ untuk menyempurnakan shalat wajibnya, demikian juga dengan zakatnya ?’ kemudian baru amal perbuatan lain dihisab sesuai dengan ukuran itu.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)

2. Tathawwu’ dapat mengangkat derajat seorang dan menghapus kesalahannya.

 

Hal ini berdasarkan hadis Tsuban mantan budak Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam– ,

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

Hendaknya engkau banyak-banyak bersujud (shalat). Sesungguhnya tidaklah engkau bersujud kepada Allah sekali saja, melainkan Allah akan mengangkatmu satu derajat, dan Allah akan menghapuskan darimu satu kesalahan (HR. Muslim)

3. Memperbanyak shalat sunnah merupakan sebab terbesar masuknya seseorang ke dalam Surga, untuk menemani Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam-.

 

Hal ini berdasarkan hadis Rabi’ah bin Ka’ab al-Aslami, bahwa ia bercerita,

كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ فَقَالَ لِى « سَلْ ». فَقُلْتُ أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِى الْجَنَّةِ. قَالَ « أَوَغَيْرَ ذَلِكَ ». قُلْتُ هُوَ ذَاكَ. قَالَ « فَأَعِنِّى عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ »

”Aku pernah menginap di rumah Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam– Aku membawakan air wudhu untuk beliau dan juga untuk buang air. Beliau berkata, ‘Mintalah sesuatu.’ Aku menjawab,’Aku ingin menjadi orang yang menemanimu di Surga.’ Ataukah ada permintaan lain ?’ Tanya beliau. ‘Itu saja.’ Jawabku. Beliau lalu bersabda, “bantulah saya untuk menolongmu dengan engkau memperbanyak sujud,” (HR.Musim)

4.Tathawwu’ adalah amalan sunnah zhahir yang paling utama setelah jihad dan ilmu baik mempelajari maupun mengajarkannya.

 

Hal ini berdasarkan hadits Tsauban bahwa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam– pernah bersabda,

اِسْتَقِيْمُوْا وَلَنْ تُحْصُوْا . وَاعْلَمُوْا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمْ الصَّلَاةُ . وَلَا يُحَافِظُ عَلَى الْوُضُوْءِ إِلَّا مُؤْمِنٌ

Bersikap luruslah, dan kalian sama sekali tidak akan bisa menghitung. Ketahuilah bahwa amalanmu yang terbaik adalah shalat. Orang yang selalu menjaga wudhu hanyalah orang yang beriman (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Wallahu a’lam

Bersambung, insya Allah.

Sumber :

Shalatu at-Tathawwu’ ; Mafhuumun, Wa Fadha-ilun, Wa Aqsa-mun, Wa An-wa’un Wa Aadaabun Fii Dhau-i al-Kitab Wa as-Sunnah, Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani (e,i, hal : 3-5)

Penulis : Amar Abdullah bin Syakir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: