Musibah Tanda Kecintaan Allah Kepada Hamba-Nya?

cinta.jpg

Pertanyaan :

Apakah benar bahwa penyakit yang menimpa orang tua saya menunjukkan bahwa kecintaan Allah kepadanya, berdasarkan hadits: “Sesungguhnya jika Allah mencintai seorang hamba, maka Dia akan memberikan cobaan baginya.” Walaupun orang tua saya tidak shalat sebelum dia sakit, dan bahwa penyakit itu sebagai peringanan dosa baginya?

Jawab :

Siapa saja yang tertimpa musibah, baik penyakit ataupun lainnya dari kaum mukminin maka akan dikurangi dosa-dosanya dengan musibah tersebut, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tidak ada sedikitpun musibah yang menimpa seorang muslim kecuali Allah menghapuskan dengan musibah itu baginya dosa-dosanya sampai duri yang menimpanya.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim).

Dan diriwayatkan: “Sesungguhnya kebesaran pahala bersamaan dengan besarnya cobaan, dan sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum , maka Allah akan memberikan cobaan kepadanya, maka barangsiapa ridha dengan cobaan itu, maka dia akan mendapatkan keridhaan (dari Allah) dan barang siapa murka dengan cobaan itu, maka dia akan mendapatkan kemurkaan (dari Allah).” (HR. Tirmidzi, Ahmad. Dan Ibnu Majah).

Semua ini bagi orang-orang yang beriman, adapaun orang kafir maka apa yang menimpanya dari penyakit dan lainnya adalah bagian dari siksa yang dipercepat (di dunia), dan orang yang meninggalkan shalat dianggap kafir sesuai dengan pendapat ulama yang paling benar.

Sumber : Fatawa Lajnah Daimah, jld. I hlm. 512.

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Artikel     : www.hisbah.net

284 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: