Connect with us

Keluarga

Pendidikan Kejujuran dengan Keteladanan Orangtua

Published

on

Ketahuilah bahwa salah satu unsur pendidikan yang harus Anda berikan kepada anak-anak Anda adalah “Pendidikan Kejujuran”. Ini termasuk bagian dari pendidikan akhlak yang harus ditanamkan sejak dini, agar seorang anak terbiasa dalam kehidupannya dengan kejujuran tindakan, kejujuran niat dan kejujuran ucapan. Kejujuran ucapan menjadi salah satu kunci kebaikan. Begitu juga halnya dengan kejujuran niat dan tindakan. Dengan demikian, maka dengan Anda -wahai para orang tua- menanamkan kejujuran dalam ucapan anak-anak Anda pada hakekatnya Anda tengah menanam kebaikan pada diri anak Anda dan buah manisnya akan Anda dapatkan baik di dunia maupun di akhirat.

Dan, jangan lupa bahwa keteladanan yang baik dari Anda berupa ucapan yang jujur yang senantiasa Anda tampilkan di hadapan anak-anak Anda merupakan kunci sukses dalam proses menuju keberhasil pendidikan Anda dalam menanamkan prinsip kejujuran kepada anak-anak Anda. Oleh karena itu, jadikan diri Anda sebagai sosok teladan dalam kejujuran ucapan bagi anak-anak Anda.

Sungguh hal yang sangat membahagiakan Anda -wahai orang tua- tentunya mana kala anak-anak Anda menjadi orang yang jujur ucapannya, karena mereka meneladani Anda dalam hal tersebut. Anda telah mengajarkan pendidikan kejujuran kepada mereka dengan keteladanan Anda.

Jika demikian, maka sungguh keberuntunganlah yang akan anda dapatkan. Betapa tidak, sementara orang yang menunjukkan kepada kebaikan seperti orang yang melakukannya dalam hal perolehan pahala. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya (pahala) seperti pahala orang yang melaksanakan kebaikan tersebut.” (HR. Al-Bukhari di dalam al-Adab al-Mufrad, no. 242)

Koreksi Sebuah Kesalahan

Ketika orang tua menginginkan atau menganjurkan kepada anaknya agar ia melakukan kebaikan ini dan itu, tidak jarang kemudian justru anjuran-anjuran itu bertolak belakang dengan kenyataan yang ada pada orang tua itu sendiri. Misalnya, ketika orang tua menyuruh anaknya agar jujur, namun ia sendiri ucapannya bohong alias dusta. Bahkan, ia pun melakukan kebohongan tindakan yang diawali dengan kebohongan ucapan. Ini tentu sebuah kesalahan dan patut kiranya dikoreksi. Oleh kerena pentingnya hal ini, maka Nabi shallahu ‘alaihi wasallam mengingatkan agar jangan sampai seseorang terjerumus ke dalam perkataan dan tindakan dusta. Apalagi ia adalah seorang pemimpin untuk anak-anaknya.

Orang Tua yang Cerdas

Maka orang tua yang cerdas dan baik adalah orang tua yang dapat menjadi sosok teladan bagi anak-anaknya dalam hal kejujuran ucapan. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah suri teladan yang baik, dalam segala hal kebaikan, termasuk dalam hal kejujuran ucapan. Beliau dikenal oleh masyarat yang hidup di zaman beliau sebagai sosok yang jujur ucapannya. Bahkan, musuhnya sekalipun mengakuinya. Perhatikanlah hadist Abdullah bin Abbas berikut ini,

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ لَمَّا نَزَلَتْ {وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الْأَقْرَبِينَ} صَعِدَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الصَّفَا فَجَعَلَ يُنَادِي يَا بَنِي فِهْرٍ يَا بَنِي عَدِيٍّ لِبُطُونِ قُرَيْشٍ حَتَّى اجْتَمَعُوا فَجَعَلَ الرَّجُلُ إِذَا لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يَخْرُجَ أَرْسَلَ رَسُولًا لِيَنْظُرَ مَا هُوَ فَجَاءَ أَبُو لَهَبٍ وَقُرَيْشٌ فَقَالَ أَرَأَيْتَكُمْ لَوْ أَخْبَرْتُكُمْ أَنَّ خَيْلًا بِالْوَادِي تُرِيدُ أَنْ تُغِيرَ عَلَيْكُمْ أَكُنْتُمْ مُصَدِّقِيَّ قَالُوا نَعَمْ مَا جَرَّبْنَا عَلَيْكَ إِلَّا صِدْقًا قَالَ فَإِنِّي نَذِيرٌ لَكُمْ بَيْنَ يَدَيْ عَذَابٍ شَدِيدٍ فَقَالَ أَبُو لَهَبٍ تَبًّا لَكَ سَائِرَ الْيَوْمِ أَلِهَذَا جَمَعْتَنَا فَنَزَلَتْ {تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ}

Dari ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, setelah turun ayat (yang artinya) dan berilah peringatan kepada keluargamu yang dekat), Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam naik ke bukit Shafa, lalu beliau memanggil, “Wahai bani Fihr, wahai bani ‘Adiy hingga mereka berkumpul. Jika ada di antara mereka yang tidak dapat hadir mengutus seorang utusan untuk melihat gerangan apakah yang terjadi. Datanglah Abu Lahab dan sekelompok orang suku Quraisy. (Setelah mereka berkumpul) beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, apa pendapat kalian kalau aku kabarkan kepada kalian bahwa sekelompok pasukan berkuda berada di lembah ini berkeinginan untuk menyerang kalian, apakah kalian akan mempercayai ucapanku? mereka menjawab, “Ya” (kami akan membenarkan ucapan Anda) (karena) kami belum pernah mendapati dirimu melainkan berkata benar. Beliau melanjutkan sabdanya, kalau begitu ketahuilah sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan bagi kalian, yang memperingatkan kalian dari tertimpa azab yang dahsyat. (mendengar penuturan beliau tersebut) maka tiba-tiba Abu Lahab berujar, kecelakaan bagimu di seluruh hari, apakah hanya untuk ini engkau mengumpulkan kami. Maka, turunlah firman Allah,

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ

“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.” (QS. Al-Lahab : 1-2) (HR. Al-Bukhari, no. 4770)

Akhirnya, semoga Allah memberi taufiq kepada kita sehingga kita dapat membiasakan lisan kita untuk berkata jujur, sehingga terlindung dari kedustaan dan bahahaya. Aamiin.

Penulis : Amar Abdullah bin Syakir

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel Hisbah di Fans Page Hisbah.net
Twitter @Hisbahnet, Google+ Hisbahnet

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keluarga

Lembutkan Suaramu

Published

on

Apakah kamu wahai istri, mengangkat suaramu di depan suamimu ?

Di antara kecantikan wanita adalah kelembutan dan kerendahan suaranya. Sesuatu yang telah menghilangkan sifat lembutnya berarti telah menghilangkan kecantikannya, karena itu Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى berfirman,

فَلَا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَطْمَعَ الَّذِي فِي قَلْبِهِ مَرَضٌ  [الأحزاب : 32]

Maka janganlah kamu merendahkan suara (dengan lemah lembut yang dibuat-buat) sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya …(al-Ahzab : 32)



Namun sangat disayangkan, tidak sedikit wanita malah berkata lembut kepada orang yang dia tidak boleh berkata lembut kepadanya, dan berkata kasar di hadapan orang yang bila dia melembutkan kata-katanya, maka dia akan meraih kebahagiaan dunia dan keberuntungan akhirat, dengan izin Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى.

Aku berharap suami tidak merasa perlu menyumbat telinganya dengan kapas.

Sebagian suami tidak mengetahui kelembutan kata-kata istrinya, susunannya yang indah, seni berbicara dan dialognya kecuali ketika dia berbicara dengan kerabat atau temannya saja.

Kamu wahai suami, aku berkata kepadamu apa yang aku katakan kepada istrimu, aku mengajakmu untuk berkata yang halus dan lembut kepada semua orang apalagi kepada orang yang paling dekat denganmu.

Wallahu A’lam

Amar Abdullah bin Syakir

Sumber :

Az-Zaujan Fi Khaimah as-Sa’adah Maharat wa Wasa’il, Abdurrahman al-Qar’awi, ei, hal. 134

 

Continue Reading

Keluarga

Hanya Dengan Senyum, Kamu Bisa Menundukkan Hatinya

Published

on

Ia tidak membutuhkan usaha besar, tidak perlu capek dan bersusah payah, tetapi ia melakukan layaknya sihir terhadap hati, ia masuk ke dalam hati melalui gerbang paling luas, pasangan akan merasakan cinta, kasih sayang, dan perhatian, tidak memerlukan banyak kata-kata cinta, tidak membutuhkan banyak untaian sanjungan. Di samping itu, ia menambah kewibawaan dan keceriaan bagi pemiliknya.

Ia adalah senyuman dan wajah berseri. Betapa indahnya bibir yang tersungging senyuman.

Dari Jarir رَضِيَ اللهُ عَنْهُ , dia berkata,

مَا حَجَبَنِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُنْذُ أَسْلَمْتُ وَلَا رَآنِي إِلَّا تَبَسَّمَ فِي وَجْهِي

“Nabi صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ tidak mencegahku berkunjung padanya sejak aku masuk Islam, dan tidaklah beliau melihat aku melainkan beliau tersenyum kepadaku.” Diriwayatkan oleh al-Bukhari.

Dari Abu Dzar رَضِيَ اللهُ عَنْهُ dia berkata, Rasulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda,

لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

“Jangan sekali-kali kamu meremehkan kebaikan sedikit pun walaupun (hanya berupa) kamu menjumpai saudaramu (yang Muslim) dengan wajah berseri-seri.” Diriwayatkan oleh Muslim.
Iklan




Dari Abu Dzar رَضِيَ اللهُ عَنْهُ dia berkata, Rasulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda,

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu.” Dariwayatkan oleh at-Tirmidzi, dan dihasankan oleh al-Albani.

Ini untuk saudaramu yang Muslim walau dia jauh (kekerabatannya), lalu bagaimana bila senyummu di depan suami atau istrimu ?

Rasulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  mengajak kita demikian karena ia mendekatkan hati dan menyatukannya, serta mengakrabkan pemiliknya. Hendaknya wajah kita selalu tersenyum, tetapi bukan senyum penjilat. Sebagian suami atau istri tersenyum, tetapi kapan ? Saat mereka menginginkan sesuatu !

***

إِذَا كَانَ الْكَرِيْمُ عَبُوْسُ الْوَجْهِ

قَمَا أَحْلَى الْبَشَاشَةَ فِي الْبَخِيْلِ

 Bila orang dermawan berwajah masam

Betapa manisnya senyuman pada (wajah) orang kikir.

***

Wallahu A’lam

Amar Abdullah bin Syakir

Sumber :

Az-Zaujan Fi Khaimah as-Sa’adah Maharat wa Wasa’il, Abdurrahman al-Qar’awi, ei, hal. 117-118

 

 

 

Continue Reading

Keluarga

Libatkan Orang yang Teguh Beragama dalam Masalah Kalian Berdua

Published

on

Manakala kita berselisih, kita patut berusaha menyelesaikannya di antara kita, lalu bila memang harus meminta penengah kepada orang ketiga dan meminta sarannya, maka hendaknya kita memilih orang yang beragama, berilmu dan berakal, karena bila suami atau istri meminta pendapat sembarang orang, maka biasanya dia malah membuat benang masalah semakin kusut, persoalannya semakin melebar, orang-orang pun mengetahuinya, keduanya tidak menemukan solusi dari persoalan mereka. Kriteria agama semata tidak cukup bagi seseorang untuk dimintai nasehatnya, dan sangat disayangkan bila sebuah nasehat dimintakan kepada orang-orang di mana mereka hanya sekedar teman, atau kerabat, atau penulis di perkumpulan ini dan itu.

Hari ini, alhamdulillah, sudah banyak pusat-pusat penyuluhan sosial yang bisa dimintai bantuannya setelah Allah.

Ada sisi lain yang patut diperhatikan, bahwa berbicara kepada orang yang tidak bisa diharapkan memberikan solusi, atau nasehat, atau saran yang tepat oleh suami atau istri mengenai pasangannya, bisa masuk ke dalam ghibah yang diharamkan. Hendaknya diwaspadai.
Iklan


Betapa indahnya sebuah rumah yang terjaga aman problemnya di ruang lingkup temboknya. Bila penghuni rumah memang perlu meminta bantuan kepada pihak ketiga sesudah Allah, maka   hendaknya orang tersebut adalah orang yang dipercaya akal dan agamanya.

Aku tidak menganjurkan untuk membiarkan masalah di dalam rumah, kecuali bila suami-istri berharap dan berusaha bisa menyelesaikannya di anatara mereka berdua. Adapun bila keduanya atau salah satu dari keduanya melihat bahwa masalah semakin meruncing, maka sangat perlu meminta bantuan pihak lain mendamaikan.

**

Al-A’masy pernah berselisih dengan istrinya, lalu dia meminta temannya untuk membujuk istrinya dan mendamaikan keduanya, maka si teman datang dan berkata kepada istri al-A’masy, “Sesungguhnya Abu Muhammad (al-A’masy) adalah laki-laki tua, jangan membencinya hanya karena kedua matanya rabun, kedua kakinya ringkih, kedua lututnya lemah, kedua ketiaknya bau, kedua tangannya kaku, dan mulutnya yang tidak sedap.” Maka al-A’masy menghardiknya, “Pergilah, semoga Allah memburukkanmu, kamu malah hanya membuka aib-aibku yang tidak dia ketahui sebelumnya.”

Wallahu A’lam

Amar Abdullah bin Syakir

Sumber :

Az-Zaujan Fi Khaimah as-Sa’adah Maharat wa Wasa’il, Abdurrahman al-Qar’awi, ei, hal. 79-80

 

Continue Reading

Trending