Perhatian Para Salaf Terhadap Masalah Shalat Anak Kecil

Perhatian-Para-Salaf-Terhadap-Masalah-Shalat-Anak-Kecil.jpg

Sungguh para salaf ummat ini sedemikian memahami betapa penting persoalan anak kecil terkait masalah shalat. Hal ini sedemikian nyata tercermin dalam perkataan mereka. Di antaranya apa yang diriwayatkan oleh kedua imam ; Abdurrazzaq dan Ibnu Abi Syaibah dari Abdullah bin Mas’ud bahwa ia berkata, “jagalah perkara shalat anak-anak kalian.” (Mushannaf Abdurrazzaq, 4/154 dan Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, 1/348)

Yang dimasud dengan hal tersebut adalah berupayalah selalu untuk memberitahukan masuknya waktu shalat kepada anak-anak kalian agar mereka mengerjakan dan membiasakan diri dengannya. (lihat, Mausuu’ah Fiqh Abdullah bin Mas’ud –semoga Allah meridhainya-, hal. 346)

Demikian pula apa yang diriwayatkan oleh keduanya dengan sanadnya sampai kepada Ummu Yasin pembantu Ibnu Abbas –semoga Allah meridhainya- bahwa Ibnu Abbas pernah berkata, “Bangunkanlah anak kecil untuk menunaikan shalat walaupun dengan menggunakan sajadah”  (Mushannaf Abdurrazzaq, , 4/154, dan Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, 1/347)

Dan menunjukkan kepada hal ini juga adalah apa yang diriwayatkan al-Imam Abdurrazzaq dari Hisyam bin Urwah, ia berkata, “Dulu ayahku biasa memerintahkan para anak kecil untuk mengerjakan shalat jika mereka telah berakal (mengerti tentang shalat), dan (beliau juga memerintahkan mereka) jika mereka telah memiliki kemampuan untuk melakukannya. (Mushannaf Abdurrazzaq, 3/153)

Betapa luar biasa perhatian mereka terkait dengan perkara ini sampai-sampai mereka berpandangan hendaknya diajarkan perkara shalat kepada anak kecil jika ia telah mengetahui mana bagian tangannya yang kanan dan mana bagian tangannya yang kiri. Di antara perkara yang menunjukkan akan hal ini adalah apa yang diriwayatkan oleh imam Ibnu Abi Syaibah dari Ibnu Umar, ia berkata, “Anak kecil diajari shalat jika telah mengetahui mana bagian tangan kanannya dan mana bagian tangan kirinya.  (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, 1/347)

Dan apa yang diriwayatkan imam Ibnu Abi Syaibah juga dari Ibnu Sirin, ia berkata, “Seorang anak kecil diajari shalat jika ia telah mengerti mana bagian tangannya yang kanan dan mana bagian tangannya yang kiri  (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, 1/348)

Imam Ibrahim an-Nakha’i menjelaskan bahwa mereka (para salaf) mengajari anak kecil shalat ketika telah tanggal gigi seri mereka. Imam Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan dari Ibrahim, ia berkata,

كَانُوْا يُعَلِّمُوْنَ الصِّبْيَانَ الصَّلَاةَ إِذَا أَثْغَرُوْا

Mereka mengajari anak-anak kecil perkara shalat jika mereka telah tanggal dan tumbuh kembali gigi depannya. [1] Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, 1/347 dan Mushannaf Abdurrazzaq, 40/154)

Imam Ibnu al-Atsir berkata, ‘Mereka senang untuk mengajari anak kecil perkara shalat kala telah tanggal dan tumbuh kembali gigi depannya.” اَلْإِثْغَارُ  : tanggalnya gigi anak kecil dan telah tumbuh kembali gigi tersebut. Dan yang dimaksud di sini adalah tanggalnya gigi tersebut  (An-Nihayah Fii Ghariibi al-Hadits Wa al-Atsar, materi : ثغر  , 1/213)

Allahu akbar, alangkah luar biasanya perhatian para salaf ummat ini terkait dengan pengajaran tentang shalat terhadap anak kecil sedini mungkin, mereka memerintahkan anak kecil agar menunaikan shalat sebagai bentuk pelaksanaan perintah Nabi yang mulia-shallallahu ‘alaihi wasallam-. Oleh kerena itu, hendaknya kaum muslimin di segenap penjuru dunia mengikuti jalan yang ditempuh mereka orang-orang yang baik yaitu melaksanakan perintah Nabi berupa memerintahkan anak kecil untuk menunaikan shalat. Sungguh, tak akan menjadi baik ummat ini kecuali dengan apa yang dengannya menjadi baik pendahulunya.

Wallahu a’lam

Amar Abdullah bin Syakir

Sumber :

Al-Ihtisabu ‘Ala al-Athfaal, karya :, Dr. Fadhl al-Ilahi, hal. 27-28

[1] Idem, 1/347 , lihat juga : Mushannaf Abdurrazzaq, kitab puasa, kapankah seorang naak kecil diperintahkan untuk mengerjakan puasa ? no riwayat 7296, 40/154

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Instagram @hisbahnet,
Chanel Youtube Hisbah Tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: