Riba Jual Beli

Riba Jual Beli

Yakni riba yang terdapat pada penjualan komoditi riba fadhl. Komoditi riba fadhl yang disebutkan dalam nash ada enam : emas, perak, gandum, kurma, garam dan jewawut.

Mayoritas ahli fikih menyetarakan dengan enam komoditi itu segala komoditi yang sama fungsinya. Namun kemudian mereka berbeda pendapat dalam membatasi fungsi tersebut.

Namun ada yang tidak termasuk perbedaan pendapat tersebut, yakni bahwa alasan fungsional yang jelas dari diharamkannya emas dan perak adalah pada nilai tukarnya. Apapun yang memiliki nilai tukar seperti emas dan perak, maka alasan fungsional sebagai riba fadhl juga terdapat padanya. Oleh sebab itu berbagai jenis mata uang modern disertakan dengan emas dan perak, sehingga semua hukum riba fadhl diberlakukan pada uang-uang tersebut. Adapun alasan fungsional pada komoditi lainnya, maka pendapat kalangan Malikiyah dalam masalah ini adalah yang paling tepat. Itu adalah pendapat yang paling unggul dalam persoalan ini, yakni pada keberadaannya sebagai bahan makanan pokok dan bisa disimpan. Setiap komoditi yang memiliki dua kreteria tersebut, berarti termasuk komoditi riba fadhl, dan diberlakukan segala hukum yang berkaitan dengannya. Alasan kebenaran pendapat ini adalah sebagai berikut :

Pertama, orang yang mengamati empat komoditi tersebut, pasti akan mendapatkan kedua kreteria ini padanya.

Kedua, Sesungguhnya tujuan dari diharamkannya riba adalah memelihara harta manusia dan menghilangkan unsur penipuan dalam jual beli mereka, maka hal itu harus dibatasi dengan hal-hal yang amat dibutuhkan oleh mereka, seperti makanan pokok yang bisa disimpan, karena keduanya adalah dasar pencarian nafkah dan tulang punggung kehidupan.

Demikianlah, dan riba jual beli ini terbagi menjadi dua ; riba fadhl dan riba nasi’ah
Akan datang keterangannya, insya Allah.

Wallahu A’lam
Sumber :
Maa Laa Yasa’u at-Tajiru Jahluhu, Prof. Dr. Abdullah al-Mushlih dan Prof. Dr. Shalah ash-Shawi, ei, hal.349

Amar Abdullah bin Syakir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *