Sahur Itu Berkah, Jangan Tidak Sahur Ya!

SAHUR.jpg

Pada tulisan sebelumnya kita telah mengulas tentang salah satu momen paling indah di bulan ramadhan ini yaitu Buka Bersama, maka pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang momen yang berada diawal sebelum melaksanakan puasa di setiap harinya yaitu sahur.

Sahur sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, sangatlah penting untuk menjaga stamina kita selama beberapa belas jam kedepan hingga azan maghrib, karena makan sahur sebagai pengganti dari sarapan dan makan siang, maka meninggalkan sahur jelas akan sangat mempengaruhi semangat kita untuk beraktivitas disepanjang hari.
Dan satu lagi yang perlu kita ketahui, ternyata sahur bukan hanya sebatas makan sebagai penguat stamina, namun juga memiliki berkah didalamnya, dan keberkahan hanya ada pada sahur, tidak kita dapatkan pada sarapan di hari-hari pada bulan lainnya. Sebagaimana Nabi Shalallahu’Alaihi Wa Sallam bersabda:

(تسحّروا؛ فإن في السحور بركة) متفق عليه

Sahurlah kalian, karena ada keberkahan pada sahur“. (HR Muttafaq’Alaihi)
Dan bukan hanya sampai disitu, bahkan Nabi juga menegaskan agar seseorang yang ingin berpuasa jangan sampai meninggalkan berkah yang satu ini, yaitu sabda beliau:

(إنها بركة أعطاكم الله إياها؛ فلا تدعوه) رواه النسائي.

” Sesungguhnya sahur itu keberkahan yang Allah beri untuk kalian, maka janganlah kalian meninggalkannya”. (HR An Nasaai)

Maka setelah kita mengetahui keutamaan sahur ini, tentu akan sangat sayang sekali meninggalkannya hanya karena mengantuk apalagi sekedar tidak terbiasa makan pagi dan lain sebagainya.
Misalkan kita tidak sahur karena mengantuk, tentu ini akibat kesalahan diri sendiri karena tidur terlalu larut dan akibatnya hanya akan kembali kepada diri sendiri pula, karena orang yang tidak sahur biasanya kurang bertenaga sehingga lebih memilih untuk malas-malasan diatas kasur sepanjang hari puasa, dan tentu jelas menghabis hari puasa dengan hanya tidur-tiduran tidaklah bernilai puasa bahkan mengurangi nilai kebaikannya.

Maka dari itu, usahakan untuk tetap bangun menyantap hidangan sahur, meski itu hanya seteguk air, Ya! meski hanya seteguk air, sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu’Alaihi Wa Sallam:

(السَّحور بركة؛ فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم ماء) رواه أحمد.

“Sahur itu berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya walau kiranya salah satu dari kalian hanya sempat untuk meneguk seteguk air”. ( HR Ahmad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: