Setiap yang diakui dan dianut Sebagai Agama, Maka disebut Agama

perahu-kuning.jpg

Pertanyaan:

Pada hari jum’at sore tanggal 14 Shafar 1403 televisi menayangkan acara “Alam Fithri” yang disampaikan oleh Ibrahim Ar-Rasyid. Dialog tersebut mengambil tema tentang negeri India.

Dalam prolognya dia berkata: “Memang benar bahwa negeri India dikenal sebagai negara yang beragama. Di sana kita temukan para penganut agama Hindu, Budha, dan seterusnya.” saya mohon Anda menjelaskan beberapa persoalan berikut:Apakah agama yang disebutkan dalam prolog acara tersebut memang benar disebut sebagai agama?

Apakah agama-agama tersebut juga diturunkan dari sisi Allah?

Semoga Allah memberikan taufik kepada Anda untuk meluruskan pemahaman.

Isma’il A. di Riyadh.

Jawab:

Setiap apa yang diakui dan dianut manusia sebagai agama memang bisa disebut sebagai agama, meskipun itu agama bathil. Seperti Budha, Paganisme, Yahudi, Hindu, Nasrani dan agama-agama bathil yang lain. Allah Ta’ala befirman di dalam surat Al-Kafirun (QS. Al-Kafirun: 6)

Apa yang dianut oleh para penyembah berhala disebut juga sebagai agama, akan tetapi agama yang benar hanyalah Islam, sebagaiman firman Allah:

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab[1] kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah Maka Sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.” (QS. Ali Imran: 19)

[1] Maksudnya ialah Kitab-Kitab yang diturunkan sebelum Al Quran.

Dan firman Allah Ta’ala: “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan Dia di akhirat Termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali Imran: 85)

Firman Allah Ta’ala:

”Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu. “(QS. Al-Maa-idah: 3)

Definisi Islam adalah beribadah kepada Allah saja tanpa menyekutukan dengan selain-Nya,mentaati perintah-perintah-Nya, meninggalkan larangan-Nya serta menjaga batasan-batasan-Nya. Beriman terhadap apa-apa yang dikabarkan oleh Allah dan Rasul-Nya baik dalam perkara yang telah terjadi maupun yang akan terjadi.

Adapun agama-agama lain yang bathil, tidak diturunkan dari sisi Allah, tidak diridhai oleh-Nya bahkan seluruhnya hanyalah perkara baru yang diada-adakan, tidak diturunkan dari sisi Allah. Sedangkan Islam merupakan agama seluruh Rasul, karena yang berbeda hanyalah syari’atnya. Sebagaimana firman Allah: (QS. Al-Maa-idah: 48)


Artikel : www.hisbah.net

Gabung Juga Menjadi Fans Kami Di Facebook Hisbah.net | Dakwah Al-Hisbah | Hisbah.Or.Id

465 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: