Connect with us

baru

Syirik, Zina dan Homoseksual Termasuk dalam Perbuatan Keji (bag.2)

Published

on

Syirik, Zina dan Homoseksual Termasuk dalam Perbuatan Keji (bag.2)

Orang yang menikah ada dua macam, yaitu orang yang berpegang kepada hukum dan syariat Allah yang disyariatkan melalui Rasul-Nya, atau orang yang tidak berpegang kepada hukum Allah. Pada saat itu, ia adalah musyrik. Ia tidak boleh menikah kecuali dengan orang musyrik yang sama dengannya.
Apabila dia berpegang kepada hukum Allah tetapi kemudian menyelisihinya dan menikah dengan wanita yang diharamkan oleh Allah maka pernikahannya tidak sah dan dia berzina. Dengan demikian akan jelas makna ayat tersebut :

الزَّانِي لَا يَنْكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً

“Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina”
Hukum ini merupakan ketetapan dan hukum yang jelas di dalam al-Qur’an. Ia juga hukum fithrah dan konsekwensi akal.
Allah –سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى- mengharamkan hamba-Nya yang shaleh menikah dengan pasangan yang tidak bertanggung jawab atau pasangan bagi pelacur.

Allah–سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى- memberikan fithrah kepada manusia untuk mencela perbuatan itu dan menganggapnya sebagai perbuatan keji.

Oleh karena itu, apabila mereka berlebih-lebihan dalam mencela seseorang, mereka mengatakan sebagai suami pelacur. Allah mengharamkan bagi seorang muslim untuk menjadi seperti itu.

Dengan demikian, nampak hikmah dari hukum tersebut dan jelas pula makna dari ayat di atas.
Di antara perkara yang memperjelas hukum tersebut, dan hukum ini adalah hukum yang sesuai dengan syariat Islam, adalah tindak pidana dari seorang wanita akan membawa kerusakan pada tempat tidur saumi dan kerusakan pada nasab yang dijadikan oleh Allah –سبحانه وتعالى – untuk menunaikan maslahat-maslahat mereka.

Allah menjadikan nasab sebagai bagian dari nikmat Allah kepada mereka. Sedangkan perbuatan zina dapat menyebabkan bercampurnya air mani dan ketidakjelasan dalam nasab.
Oleh karena itu di antara keistimewaan hukum syariat adalah mengharamkan pernikahan wanita yang berzina sehingga dia bertaubat dan membersihkan dirinya sendiri.

Wanita yang berzina adalah wanita yang kotor, seperti yang telah dijelaskan di muka. Allah–سبحانه وتعالى – menjadikan pernikahan dengan tujuan mewujudkan kasih sayang, rahmah, mawaddah dan cinta yang murni.
Bagaimana mungkin wanita yang kotor dapat dicintai oleh laki-laki yang bersih sebagai pasangan baginya. Kata Zauj (suami/pasangan) disebut sebagai zauj karena terjadi izdiwaj (keserupaan) yang berarti kemiripan.

Dua pasangan itu adalah dua orang yang serupa. Sedangkan ketidaksesuaian terjadi antara orang yang baik dan orang yang kotor, baik secara syara maupun secara logika.
Pertentangan itu menghalangi keserupaan, saling menyayangi dan saling mencintai. Jadi, pendapat ini adalah pendapat yang baik sekali. Ia melarang laki-laki menjadi suami bagi seorang pezina.

Maka bagaimanakah dengan orang yang membolehkan seorang laki-laki menikah dan bersetubuh pada suatu malam dengan wanita pezina padahal ia telah disetubuhi oleh laki-laki pezina pada malam sebelumnya, kemudian dia berkata bahwa air mani pezina tidak pantas untuk dihormati.
Kalaulah kita terima hal itu tetapi air mani dari suami adalah harus dihormati, maka bagaimana ia dapat bertemu dengan air mani dari pezina dalam satu rahim yang sama ?

Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى – menjadikan orang-orang yang berzina, baik laki-laki maupun wanita, sebagai laki-laki atau wanita keji. Allah menjadikan jenis lain dari perbuatan ini sebagai perbuatan yang suci, yaitu apabila dilakukan secara halal. Pelakunya disebut orang yang ‘junub’ (yang jauh) karena dia jauh dari bacaan al-Qur’an, shalat dan masjid. Dia dilarang melakukan semua itu sehingga bersuci dengan air.

Demikian pula, apabila perbuatan itu haram hukumnya dan menjauhkan hati dari Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى – , bahkan perbuatan itu dapat menghalangi dirinya dari iman. Dia dapat menjadi orang yang suci dengan bertaubat dan menyucikan badannya dengan air.
Kaum Nabi Luth berkata :

أَخْرِجُوهُمْ مِنْ قَرْيَتِكُمْ إِنَّهُمْ أُنَاسٌ يَتَطَهَّرُونَ

Usirlah mereka (Luth dan pengikut-pengikutnya) dari kotamu ini ; sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berpura-pura menyucikan diri (Qs. Al-‘Araf : 82)

Kata-kata di atas mirip dengan firman Allah tentang Ashabul ukhdud (orang-orang yang membuat parit) :

وَمَا نَقَمُوا مِنْهُمْ إِلَّا أَنْ يُؤْمِنُوا بِاللَّهِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ

Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji (Qs. Al-Buruj : 8)
Firman Allah :

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ هَلْ تَنْقِمُونَ مِنَّا إِلَّا أَنْ آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْل

Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, apakah kamu memandang kami salah, hanya lantaran kami beriman kepada Allah, kepada apa yang diturunkan kepada kami dan kepada apa yang diturunkan sebelumnya…(Qs. Al-Maidah : 59)
Demikianlah, orang musyrik menyiksa ahli tauhid karena semata-mata memurnikan tauhidnya dan karena dia tidak mencampuri tauhidnya dengan syirik. Demikian pula halnya dengan orang yang melakukan bid’ah, dia menyiksa orang yang mengikuti sunnah karena memurnikan pengikutannya terhadap Rasul dan karena dia tidak mencampurinya dengan pendapat-pendapat lain atau dengan sesuatu yang bertentangan dengan sunah Rasul.

Kesabaran orang yang bertauhid dan yang mengikuti Rasul terhadap siksaan yang dilakukan oleh orang yang melakukan perbuatan syirik dan bid’ah lebih baik , lebih bermanfat dan lebih mudah bagi dirinya daripada kesabarannya terhadap siksaan yang diberikan oleh Allah dan RasulNya kepadanya karena mengikkuti orang-orang syirik dan bid’ah.
Jika harus bersabar, maka bersabarlah terhadap kebenaran,
ia adalah kesabaran yang dipuji akibatnya.

Wallahu A’lam
Sumber :
Ighatsatul Lahfan Min Mashaidisy Syaithan, Ibnul Qayyim al-Jauziyah (ei, 133-135)
Amar Abdullah bin Syakir

Bagian pertama dari artikel ini bisa dibaca di : https://www.hisbah.net/syirik-zina-dan-homoseksual-termasuk-dalam-perbuatan-keji-bagian-1/

Artikel : www.hisbah.net

Ikuti update artikel di Fans Page Hisbah.net
Youtube HisbahTv,
Follow Instagram Kami Hisbahnet dan alhisbahbogor

About Author

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

baru

Jangan Sampai Puasa Tidak Berpahala Karena Lidah Masih Terus Bermaksiat

Published

on

By

Ibadah Puasa memiliki pahala yang sangat besar di sisi Allah Ta’ala, terlebih Puasa Ramadhan, karena hukumnya wajib, dan amalan wajib lebih berpahala daripada yang sunnah, dan yang wajib tidak boleh ditinggalkan, jika tertinggal maka harus diganti (qadha).

Namun dalam pelaksanaannya, menunaikan ibadah puasa ramadhan bukan hanya dengan tidak melakukan pembatalnya, seperti makan/minum dan berhubungan badan, dll.

Namun dalam berpuasa, seseorang juga harus menahan dirinya dari maksiat-maksiat lainnya meski itu tidak membatalkan dan puasanya tetap sah.

Dan diantara maksiat-maksiat itu adalah dosa-dosa lisan, seperti berbohong, menghina, menghibah dan lain sebagainya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

 

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

 

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan dari mengerjakannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari)

 

Dan beliau bersabda:

لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الأَكْلِ وَالشَّرَبِ ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهُلَ عَلَيْكَ فَلْتَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ ، إِنِّي صَائِمٌ

 

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan sia-sia  dan perkataan tidak sopan. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau mengganggumu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

 

Jadi, tujuan dari puasa itu adalah mendidik seseorang untuk menjadi lebih baik dengan mampu menahan seluruh hawa nafsunya, bukan hanya sekedar kuat tidak makan dan minum seharian.

 

Maka, raihlah di bulan ramadhan ini pahala sebanyak-banyaknya dan raihlah ampunan Allah Ta’ala.

Dan jadikan ramadhan ini momen untuk berubah, karena mungkin berubah menjadi baik pada bulan-bulan sebelumnya sulit, sedangkan pada bulan ini lebih mudah karena kondisi yang mendukung, yaitu ketika semua orang berusaha menahan dirinya dan memperbanyak ibadahnya serentak dalam satu waktu.

 

Semoga Allah Ta’ala senantiasa menaungi kita semua dengan taufik dan hidayah-Nya.

Artikel: www.hisbah.net
Ikuti update artikel kami di Hisbah.net
Youtube: Hisbahtv
Instagram: Hisbahnet dan Al Hisbah Bogor

About Author

Continue Reading

baru

Puasa, Agar Kamu Bertakwa

Published

on

“Allah memiliki banyak rahasia di dalam hukum-hukum ibadah, yang tak diketahui oleh akal secara rinci, meski akal mengetahuinya secara global.”

(Ibnul Qayyim)

***

Kenapa Kita Berpuasa ?

 

Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-mewajibkan puasa kepada kita, dan mewajibkannya di dalam kitab-Nya yang mulia. Dia-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ  [البقرة : 183]

 

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Al-Baqarah : 183)

 

Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-juga menegaskan kewajiban puasa melaui lisan Nabi-Nya-صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-:

 

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

 

“Islam didirikan di atas lima (rukun) ; yakni, bersaksi bahwa tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan sebenarnya) melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji ke Baitullah, dan puasa Ramadhan.” (Muttafaq ‘Alaih)

 

Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-mewajibkan puasa Ramadhan, memberikan pahala bagi orang yang berpuasa, dan mengancam orang yang dengan sengaja tidak berpuasa, karena orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nanti masuk Surga melalui pintu yang khusus hanya untuk mereka saja, namanya pintu Ar-Rayyan :

 

أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

 

“Dikatakan, ‘Manakah orang-orang yang berpuasa ?’ Mereka kemudian berdiri (lalu masuk Surga), tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu selain mereka. Ketika mereka sudah masuk, pintu itu ditutup, tidak ada seorang pun yang masuk melaluinya.” (Muttafaqun ‘Alaih)

 

Inilah pahala orang yang berpuasa…

 

Lalu, kenapa kita harus berpuasa ?

Apakah Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-menginginkan kita lapar dan dahaga, melelahkan tubuh kita dengan dahaga dan tidak makan ?

Apakah Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-menginginkan kita menahan diri dari semua hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari saja ?

Atau, apakah di balik syariat puasa ini terdapat banyak rahasia, tujuan, hikmah dan faedah ?

 

Mengingat yang mewajibkan kita berpuasa adalah Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى- Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, karena itulah Dia-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-tidak mensyariatkan suatu perintah pun kepada seorang mukmin, melainkan di baliknya pasti terdapat banyak rahasia besar dan faedah-faedah besar yang diketahui oleh orang yang mengetahuinya, dan tidak diketahui oleh orang yang tidak mengetahuinya.

 

Agar Kamu Bertakwa

Al-Qur’anul Karim secara nash menyebutkan bahwa di antara tujuan utama puasa dan di antara maksudnya yang luhur adalah mewujudkan takwa. Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-berfirman,

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ  [البقرة : 183]

 

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (al-Baqarah : 183)

 

Seakan, Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-berfirman, “Berpuasalah kamu, niscaya kamu bertakwa.”

Ayat ini menyelipkan sebuah isyarat dan petunjuk yang jelas, bahwa hanya sekedar beriman kepada Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-sebagai Rabb saja tidaklah mendatangkan ketakwaan bagi seorang mukmin. Akan tetapi selain dengan iman, harus dibarengi penerapan, baik dalam bentuk ucapan atau pun perbuatan, dan menjalankan ibadah-ibadah yang dapat mewujudkan takwa. Dan di antara ibadah-ibadah paling mulia yang dapat mewujudkan takwa adalah ibadah menahan diri dari segala syahwat (puasa), dan mendekatkan diri kepada Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى- dengan meninggalkan makan, minum dan syahwat.

 

Bulan puasa adalah kempatan yang tepat sekali untuk merealisasikan tujuan itu, karena orang yang berpuasa itu menjalani kondisi spiritual yang transparan dan kebahagiaan iman yang sempurna, karena ia dekat dengan Allah ta’ala, dan jiwanya siap untuk berinteraksi dengan takwa.

 

Apakah Takwa Itu ?

Pertanyaannya, apakah takwa yang ingin dicapai dari pelaksanaan ibadah puasa ?

 

Takwa adalah menjaga diri dengan menjalankan ketaatan kepada Allah-سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى-, agar terhindar dari hukuman-Nya.

 

Ketika kita merujuk sejarah kita yang penuh dengan ilmu, kita akan menemukan ragam redaksi orang-orang shalih dalam menyebutkan dan mendefinisikan takwa.

 

Menurut Umar bin Abdul Aziz-رَحِمَهُ اللهُ-, takwa adalah menjalankan perintah dan meninggalkan larangan. Takwa bukanlah banyaknya puasa atau pun lamanya berdiri shalat malam.

 

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib-رَضِيَ اللهُ عَنْهُ-, ia medefinisikan takwa lalu berkata, “Takwa adalah takut kepada Tuhan Yang Maha Luhur, mengamalkan al-Qur’an, menerima rizki yang sedikit, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian.”

 

Ubay bin Ka’ab-رَضِيَ اللهُ عَنْهُ-menjelaskan takwa agar lebih mudah dipahami. Suatu ketika, al-Faruq-رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- bertanya kepadanya tentang takwa, ‘Apakah takwa itu ?’ Lalu Ubay menjawab, ‘Wahai Amirul Mukminin ! Apakah engkau pernah berjalan di suatu jalan yang ada durinya pada suatu hari ?’ Ya, pernah’, jawab Umar. Ubay kembali berkata, ‘Lalu apa yang engkau lakukan ?’ Umar menjawab, ‘Aku mengangkat bajuku, agar aku bisa melihat letakan pijakan kakiku’. Ubay kemudian berkata, ‘Itulah takwa.’

 

Wallahu A’lam

 

Amar Abdullah bin Syakir

 

Sumber :

Asrar Ash-Shiyam Wa Ahkamuhu ‘Ala al-Madzahib al-Arba’ah, Dr. Thariq as-Suwaidan, ei.hal.30-32.

Artikel: www.hisbah.net
Ikuti update artikel kami di Hisbah.net
Youtube: Hisbahtv
Instagram: Hisbahnet dan Al Hisbah Bogor

About Author

Continue Reading

baru

Kewajiban Puasa Ramadhan Bagi Anak yang Sudah Baligh

Published

on

Bulan suci ramadhan tinggal beberapa hari saja, dan adalah sebuah nikmat yang besar ketika seseorang dipanjangkan umurnya oleh Allah Ta’ala sehingga dapat menjalankan ibadah puasa.
Demikian karena pada bulan puasa pahala akan dilipatgandakan dan dosa-dosa akan mendapatkan ampunan dari Allah Ta’ala.

Rasulullah Shallallahu Alaihi waSallam:

إذَا كَانَ أوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أبْوَابُ الجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلُّ لَيْلَةٍ

Artinya: Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-­setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada seruan (pada bulan Ramadhan): Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah ta’ala memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka (HR Tirmidzi).

Dan sabda-Nya:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR Bukhari dan Muslim).

Puasa Ramadan salah satu syarat wajibnya adalah baligh, maka bagi para orangtua agar betul memperhatikan perkembangan anak, sudah wajib puasa atau belum.
Untuk mengetahuinya, ada 3 tanda baligh, salah satunya saja sudah ada, maka sudah baligh, yaitu:
1- Mimpi Basah
2- Tumbuhnya bulu kemaluan
3- Jika satu atau kedua tanda tidak kunjung muncul, maka batas akhir seorang anak pasti sudah baligh adalah umurnya sudah mencapai 15 tahun hijriyah.

Perhatikan, hitungannya adalah dengan tahun hijriyah bukan masehi, maka artinya seorang anak berusia 15 tahun lebih cepat dari hitungan masehi yang mana kita terbiasa dengannya itu perhitungan ulang tahun.

Jadi, ini menjadi salah satu tugas orangtua dalam mendidik anaknya dengan Islam.

Maka, menjelang kedatangan bulan ramadan pastikan status anak, apakah sudah wajib puasa atau belum.
Karena jika ternyata sudah baligh namun tidak puasa, maka sudah akan menanggung dosa karena sudah mukallaf.
Dan bukan hanya sebelum, di pertengahan bulan ramadan seorang anak juga bisa jadi baligh di saat itu.

Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allâh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.[QS at-Tahrîm:6]

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Para ahli fiqih berkata: ‘Demikian juga (anak-anak dilatih) tentang puasa, agar hal itu menjadi latihan baginya untuk melaksanakan ibadah, supaya dia mencapai dewasa dengan selalu melaksanakan ibadah dan ketaatan, serta menjauhi kemaksiatan dan meninggalkan kemungkaran, dan Allâh Yang Memberikan taufiq”. (Tafsir Ibnu Katsîr, surat at-Tahrîm ayat ke-6)

Semoga Allah Ta’ala senantiasa menuntun kita ke amal salih dan menerima pahalanya.

Artikel: www.hisbah.net
Ikuti update artikel kami di Hisbah.net
Youtube: Hisbahtv
Instagram: Hisbahnet dan Al Hisbah Bogor

About Author

Continue Reading

Trending