Tes Jenis Kepribadian

lelah-4.jpg

Telah maklum bahwa seseorang memperoleh informasi melalui mendengar, melihat, atau meraba. Terkadang informasi itu menjadi media untuk dapat menerima seseorang.

Siapa yang cepat menangkap informasi melalui mendengar, ia disebut auditorial. Adapun jika melalui penglihatan, maka disebut visual. Sedangkan melalui indra peraba, disebut somatis. Masing-masing pribadi memiliki jenis perilaku dan ucapan tersendiri. Di waktu yang sama, ia senang dengan beberapa hal, namun tidak menikmati hal yang lain.

Sangaat penting bagi suami istri untuk mengenali jenis kepribadiannya dan pasangannya. Supaya keduanya dapat berinteraksi secara positif. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membaca atau melalui informasi internet.

Allah ta’ala berfirman,

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

 Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (Qs. An-Nahl : 78)

Auditorial adalah bergembira saat mendengar ungkapan cinta, mesra, motivasi, pujian, dan sanjungan. Ia akan merasa tertekan saat tidak mendengar itu semua pada waktunya, atau ketika ia mendengar kata-kata yang tidak cocok.

Visual adalah merasa menikmati saat melihat rumah tertata rapi, pemandangan bunga-bunga dan warna warni. Ia akan merasa terganggu saat  rumah berantakan.

Somatis adalah merindukan pelukan hangat, sentuhan lembut, dan aroma harum. Di waktu yang sama ia akan merasa sedih dan merana saat kehilangan itu semua.

Wallahu A’lam

Sumber :

Dinukil dari “ Tis’un Wa Tis’una Fikrah li Hayah Zaujiyah Sa’idah”, karya : Dr. Musyabbab bin Fahd al-Ashimi (ei, hal. 145-146)

Amar Abdullah bin Syakir

 

 

 

 

 

 288 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top
%d blogger menyukai ini: